Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Sumsel Siapkan Dana Rp37 Miliar Cegah Karhutla

Pemprov Sumatra Selatan menyiapkan anggaran senilai total Rp37 miliar untuk kabupaten/kota yang memiliki lahan gambut dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  16:15 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan menyiapkan anggaran senilai total Rp37 miliar untuk kabupaten/kota yang memiliki lahan gambut dan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dana tersebut telah disiapkan pihaknya yang bersumber dari APBD 2020.

“Kabupaten/kota yang rawan karhutla silakan mengajukan bantuan, saya sediakan Rp5 miliar per daerah untuk pencegahan karhutla,” katanya usai sosialisasi penegakan hukum karhutla, Selasa (10/3/2020).

Deru mengatakan peran kepala daerah setempat sangat penting dalam pencegahan karhutla.

Diketahui, Sumsel memiliki lahan gambut seluas 1,27 juta hektare yang tersebar di 7 kabupaten, meliputi Musi Rawas, Pali, Muara Enim, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Dia menambahkan pemprov sendiri telah membentuk tim terpadu pencegahan dan pengendalian karhutla yang terdiri dari 7 kelompok kerja (pokja).

“Pokja itu menyasar berbagai bidang, mulai dari deteksi dini, pemberdayaan masyarakat, patroli pencegahan hingga evaluasi,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel kebakaran hutan
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top