Sergai Bakal Kembangkan Kawasan Eco Marine Tourism

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) akan mengembangkan kawasan Eco Marine Tourism di Pulau Berhala.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  20:08 WIB
Sergai Bakal Kembangkan Kawasan Eco Marine Tourism
Hutan bakau atau mangrove - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) akan mengembangkan kawasan Eco Marine Tourism di Pulau Berhala.

Rencana pengembangan kawasan wisata bahari berwawasan lingkungan itu, terungkap dalam kunjungan Pemkab dan DPRD Sergai ke Pemerintah Provinsi Sumatra Utara pada Jumat (21/2/2020).

Dikutip dari keterangan resminya, Ketua DPRD Sergai M Riski Ramadhan Hasibuan menyampaikan pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan eco marine tourism telah tertuang dalam Perda Nomor 12 Tahun 2006. Oleh karena itu, DPRD dan Pemkab telah sepakat untuk mengembangkan potensi pulau yang terletak di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai.

"Tujuan kunjungan ini untuk sinergi dan koordinasi terkait rencana pengembangan Pulau Berhala," katanya.

Baru-baru ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Pemerintah Pusat, dan DPR terkait potensi Pulau Berhala.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Utara Sabrina mengatakan terkait rencana ini, Pemkab harus memperhatikan aspek kelengkapan administrasi dan aspek legalitas. Jika seluruh aspek telah terpenuhi, maka Pemprov akan membantu sejumlah hal yang menjadi kewenangan Provinsi.

Selain mendukung aktivitas keamanan dan pertahanan, Sabrina melihat pengelolaan Pulau Berhala ini dapat mendorong aktivitas perekonomian, wisata, dan pelestarian lingkungan.

"Aktivitas keamanan dan pertahanan juga bisa didukung dengan aktivitas dari segi aktivitas perekonomian, pariwisata dan sosial budaya. Namun harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan pulau," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top