Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sergai Bakal Kembangkan Kawasan Eco Marine Tourism

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) akan mengembangkan kawasan Eco Marine Tourism di Pulau Berhala.
Hutan bakau atau mangrove/Istimewa
Hutan bakau atau mangrove/Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) akan mengembangkan kawasan Eco Marine Tourism di Pulau Berhala.

Rencana pengembangan kawasan wisata bahari berwawasan lingkungan itu, terungkap dalam kunjungan Pemkab dan DPRD Sergai ke Pemerintah Provinsi Sumatra Utara pada Jumat (21/2/2020).

Dikutip dari keterangan resminya, Ketua DPRD Sergai M Riski Ramadhan Hasibuan menyampaikan pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan eco marine tourism telah tertuang dalam Perda Nomor 12 Tahun 2006. Oleh karena itu, DPRD dan Pemkab telah sepakat untuk mengembangkan potensi pulau yang terletak di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai.

"Tujuan kunjungan ini untuk sinergi dan koordinasi terkait rencana pengembangan Pulau Berhala," katanya.

Baru-baru ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Pemerintah Pusat, dan DPR terkait potensi Pulau Berhala.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Utara Sabrina mengatakan terkait rencana ini, Pemkab harus memperhatikan aspek kelengkapan administrasi dan aspek legalitas. Jika seluruh aspek telah terpenuhi, maka Pemprov akan membantu sejumlah hal yang menjadi kewenangan Provinsi.

Selain mendukung aktivitas keamanan dan pertahanan, Sabrina melihat pengelolaan Pulau Berhala ini dapat mendorong aktivitas perekonomian, wisata, dan pelestarian lingkungan.

"Aktivitas keamanan dan pertahanan juga bisa didukung dengan aktivitas dari segi aktivitas perekonomian, pariwisata dan sosial budaya. Namun harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan pulau," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper