Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sumsel Alokasikan Rp1 Triliun APBD untuk Perbaikan Jalan

Pemprov Sumatra Selatan mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 triliun dari APBD 2020 untuk perbaikan jalan di provinsi itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  13:39 WIB
Truk sarat muatan melintasi jalur lintas Sumatra Timur di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Jumat (3/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019/Abdullah Azzam
Truk sarat muatan melintasi jalur lintas Sumatra Timur di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Jumat (3/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019/Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemprov Sumatra Selatan mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 triliun dari APBD 2020 untuk perbaikan jalan di provinsi itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR), Darma Budhy, mengatakan pihaknya memastikan kondisi jalan yang menjadi wewenang Pemprov bakal mulus pada tahun ini.

“Janji kami kepada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini selesai jalan yang tadinya berlubang banyak bakal ditutup semua dan dilapis aspal,” katanya, Senin (10/2/2020).

Menurut Budhy, pihaknya sudah menunjuk pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) untuk memulai proses lelang di wilayah tugas masing-masing.

Dengan demikian, harapannya pada awal April 2020 sudah dilakukan penandantanganan  kontrak paket pengerjaan fisik.

“Minggu ini PPTK sudah berada di lokasi untuk proses lelang, lebih bagus kalau bisa akhir Maret tanda tangan kontrak,” katanya.

Dia memaparkan pengerjaan rehabilitasi jalan memakan waktu paling lama 3 bulan. Namun demikian, Budhy memastikan, kondisi jalan dapat mulus menjelang arus mudik Lebaran 2020.

Berdasarkan catatan Dinas PUBM-TR, kondisi kemantapan jalan provinsi yakni 80 persen dari total panjang jalan 1.513 kilometer (km).

“Saat lebaran nanti pengendara sudah bisa nyaman melintas, terutama di wilayah Kabupaten OKI (Ogan Komering Ilir) dan OKU (Ogan Komering Ulu) raya,” katanya.

Salah satu ruas jalan yang menjadi fokus pemprov adalah Simpang Kayu Agung-Penyandingan-Belitang.

Dia memaparkan secara geografis, ruas jalan yang merupakan wewenang provinsi mayoritas berada di Kabupaten OKI dan OKU Raya, yang meliputi OKU dan OKU Timur. Ada pula di Kota Pagaralam dan Kabupaten Musi Rawas. Sementara sisanya, status jalan ada yang kabupaten/kota dan jalan nasional.

Budhy menambahkan, selain bersumber dari APBD Provinsi, perbaikan jalan di Sumsel juga menggunakan dana bantuan gubernur (Bangub).

“Bangub ini menggunakan dua pola,  ada yang langsung dan ada pula yang merupakan usulan dari kepala daerah setempat kepada gubernur,” ujarnya.

Dia mencontohkan perbaikan jalan yang biayanya bersumber dari Bangub adalah jalan di Pagaralam,Kota Palembang dan Kabupaten Empat Lawang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top