Bupati Musi Banyuasin Upayakan Evakuasi Warga di China

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, berupaya mengevakuasi warganya yang berada di China di tengah kondisi merebaknya virus Corona.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  16:02 WIB
Bupati Musi Banyuasin Upayakan Evakuasi Warga di China
Rizky Andika, warga Muba,yang sedang menempuh pendidikan di Nanning, China

Bisnis.com, PALEMBANG — Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, berupayu mengevakuasi warganya yang berada di China di tengah kondisi merebaknya virus Corona.

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex mengatakan dirinya telah berkomunikasi dengan Rizky Andika, warga Dusun 2, Desa Langkap, Kecamatan Babat Supat. 

“Rizky saat ini sedang mengenyam program pendidikan government scholarship di Kota Nanning, Provinsi Guangxi, China,” katanya, Kamis (30/1/2020).

Dodi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan KBRIagar segera mengevakuasi dan mendesak Pemerintah China untuk segera memberikan izin evakuasi.

"Sehingga apa yang dibutuhkan oleh warga Indonesia termasuk warga Muba di sana terpenuhi, kami upayakan Rizki dipulangkan ke Indonesia dengan mekanisme sesuai SOP,” katanya.

Dodi meminta warga Muba di sana untuk mengikuti semua prosedur yang diarahkan oleh KBRI dan mengurangi intensitas ke luar rumah.

Sementara itu Rizky Andika mengatakan kondisinya saat ini cukup sulit sehingga mengharapkan bantuan pemerintah daerah maupun pusat.

"Kami sangat takut, tolong evakuasi kami. Untuk mendapatkan masker saja saat ini sangat sulit, kami mohon agar bantuan segera bisa didatangkan,” kata mahasiswa School of Internasional Education NCVT Nanninng tersebut.

Rizki mengungkapkan Selain khawatir akan virus Corona yang sudah menyebar, ia khawatir tak lagi dapat kembali ke Indonesia. Terutama apabila tempatnya tinggal sudah diblok.

"Kami sedang koordinasi dengan KBRI di China. Kami masih menunggu kabar dari pemerintah di Sumatra Selatan, kami ingin pulang,” katanya.

Dia mengatakan dirinya juga telah mengontak langsung Bupati Muba melalui pesan instan dan telah mendapat respon dengan cepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona, musi banyuasin

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top