Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengentasan Kemiskinan : Musi Banyuasin Sebar 2.400 Itik untuk Kelompok Budidaya

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, akan membagikan 2.400 ekor itik ke tiga kelompok budidaya sebagai upaya pengentasan kemiskinan di daerah itu.
Ilustrasi/ANTARA-Prasetia Fauzani
Ilustrasi/ANTARA-Prasetia Fauzani

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, akan membagikan 2.400 ekor itik ke tiga kelompok budidaya sebagai upaya pengentasan kemiskinan di daerah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin Yusuf Amilin, mengatakan program penyaluran itik masuk dalam program Disnakertrans yang diperuntukkan untuk mengetaskan kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dua kecamatan yang dipilih memang terdata paling tinggi Rumah Tangga Miskin-nya, yakni di Kecamatan Lais dan Kecamatan Sekayu,” katanya, Jumat (17/1/2020).

Dia mengatakan setiap kelompok penerima manfaat terdiri dari 20 orang, yang mana masing-masing akan mendapatkan 40 ekor itik petelur yang didatangkan dari Kabupaten Mojokerto.

“Jenis itik ini telah teruji dan berhasil sehingga kami pilih,” kata dia.

Ia mengatakan, pembudidaya bukan hanya mendapatkan itik tapi juga fasilitas kandang, alat penetas telur, serta adanya tim pendamping dari PPL Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Muba.

Pemkab juga menyiapkan pengadaan pakan yang nantinya diberikan kepada para peternak, serta program hilirisasi dari telur-telur yang dihasilkan, kata dia.

Adapun produk turunan yakni telur asin akan diserap oleh toko-toko modern setempat.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan pemerintah kabupaten menargetkan penurunan angka kemiskinan menjadi satu digit dalam hingga 2023.

“Saat ini sudah menyentuh 13 persen, dan akan kami kejar terus penurunannya. Ini tidak mudah, karena saat ini sumber pendapatan utama masyarakat yakni perkebunan karet, harganya sedang jatuh,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper