Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Baru, Trafik Data Telkomsel Melonjak 61% di Riau

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik layanan atau payload di wilayah Provinsi Riau pada momen tahun baru 2020 dibandingkan tahun baru sebelumnya.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  11:18 WIB
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan - JIBI/Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan - JIBI/Rachman

Bisnis.com, PEKANBARU—PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik layanan atau payload di wilayah Provinsi Riau pada momen tahun baru 2020 dibandingkan tahun baru sebelumnya.

General Manager Network Operation and Quality Management (GM NOQM) Sumbagteng Alvo Ismail mengungkapkan pada momen pergantinan tahun baru 2020 tercatat trafik layanan Telkomsel sebanyak 1,03 juta erlang dan payload sebesar 1.006 PB.

“[Naik] 7,44% dibandingkan dengan rata-rata pada hari normal dan dibandingkan dengan periode tahun baru 2018/2019 naik 61%,” katanya kepada Bisnis, Rabu (8/1/2020).

Adapun Kota Pekanbaru menjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi di Provinsi Riau, yaitu sebesar 5,0% dibandingkan dengan hari normal.

Alvo menambahkan bahwa sumber kontribusi terbesar penggunaan layanan dana berasal dari aktivitas media social serta streaming film dan video.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen pergantian tahun tersebut, Telkomsel telah menambah new-site-4Gupgrade kapasitas, dan mementuk posko 24 jam monitoring traffic.

Saat ini, Telkomsel menguasai pangsa pasar penggunaan layanan data di Provinsi Riau sebesar 67%.

Adapun pada periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Telkomsel mencatat aktivitas video streaming dan media sosial menjadi fitur yang paling difavoritkan pelanggan.

Secara umum, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyebutkan kontribusi tertinggi penggunaan layanan data berasal dari pelanggan yang memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial yang mencapai sekitar 36%. 

Sedangkan pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming berkontribusi sebesar 26%.

Oleh karena itu, trafik layanan data Telkomsel se-nasional sepanjang periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 meningkat sekitar 16%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel riau
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top