Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kredit Perbankan Sumut Tumbuh Tipis

Otoritas Jasa Keuangan Regional V Sumatra Utara mencatat pertumbuhan tipis penyaluran kredit perbankan di Provinsi Sumatra Utara, yakni sebesar 2,62% year-to-year (yoy).
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 13 Desember 2019  |  16:22 WIB
Petugas mengitung uang rupiah - ANTARA/Aprillio Akbar
Petugas mengitung uang rupiah - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, SIBOLANGIT-- Otoritas Jasa Keuangan Regional V Sumatra Utara mencatat pertumbuhan tipis penyaluran kredit perbankan di Provinsi Sumatra Utara, yakni sebesar 2,62% year-to-year (yoy).

OJK mencatat sampai dengan Oktober 2019, kredit yang disalurkan sebanyak Rp221,95 miliar, atau tumbuh sebesar 2,62% jika dibandingkan dengan periode yang sama sebesar Rp216,26 miliar.

Kepala OJK Regional V Yusup Ansori mengatakan sejumlah perbankan memang mengakui adanya perlambatan kredit, seiring dengan menurunnya permintaan kredit. Menurutnya, hal tersebut juga dipicu karena kondisi ekonomi global yang melambat.

"Hal ini mencerminkan di sektor riil masih cenderung menahan dan menunda pencairan dana kredit,"kata Yusup Kamis (13/12/2019).

Dia mengatakan perlambatan kredit terjadi pada sektor perdagangan besar dan eceran, hal tersebut disebagai akibat dari kelesuan perdagangan dan makanan, minuman hingga tembakau.

Namun, pihaknya melihat peran intermediasi BPR dan Bank Umum juga masih terlaksana dengan baik sebagaimana tercermin dari rasio intermediasi (LDR) sebesar 93,33%.

Lebih lanjut, dalam rangka meningkatkan dukungan terhadap program pemerintah. Pada tahun ini pihaknya telah meminta perbankan untuk memasang target penyaluran kredit dan pembiayaan di sektor Perumahan, Pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit perbankan sumut
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top