PT CPI – Umri Latih 100 Guru dan Dosen

Kemitraan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dengan berbagai universitas di Riau turut mendorong lahirnya program-program unggulan. Kali ini, kolaborasi PT CPI dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Riau (FMIPA Umri) menjalankan Program Good Laboratory Practices (GLP).
Foto bersama para peserta Program Good Laboratory Practices (GLP) dalam acara pembukaan di Auditorium Kampus Umri pada hari Selasa (26/11).
Foto bersama para peserta Program Good Laboratory Practices (GLP) dalam acara pembukaan di Auditorium Kampus Umri pada hari Selasa (26/11).

Bisnis.com, PEKANBARU –- Kemitraan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dengan berbagai universitas di Riau turut mendorong lahirnya program-program unggulan.

Kali ini, kolaborasi PT CPI dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Riau (FMIPA Umri) menjalankan Program Good Laboratory Practices (GLP).

GLP merupakan sebuah program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dalam membangun labotatorium yang sesuai standar dan memperhatikan faktor keselamatan, kesehatan, dan lingkungan.

Pelatihan GLP dibuka secara resmi di Auditorium kampus Umri pada Selasa (26/11), dengan dihadiri oleh Kepala Balitbang Provinsi Riau Arbaini; Wakil Rektor I Umri Sri Fitria Retnawaty, S.Si; Dekan FMIPA Umri Juli Widianto, S.Kep, M.Kes. Epid; GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin; serta perwakilan dari Dinas ESDM dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Pelatihan akan berlangsung selama tiga hari. Pesertanya SlH 80 guru kimia dari berbagai sekolah menengah/ kejuruan dari sepuluh kabupaten/kota di Riau dan 20 dosen Umri.

”Kami sangat bersyukur banyak program yang bisa disinergikan bersama Chevron (PT CPI, red.). Salah satunya Program GLP yang sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang Kimia,” ucap Wakil Rektor I Umri Sri Fitria Retnawaty, S.Si. GLP merupakan salah satu bagian dari program kemitraan PT CPI dengan berbagai perguruan tinggi di Riau, atau disebut sebagai University Relationship Program (URP).

Selain Program GLP, kemitraan PT CPI dan Umri juga membuahkan 12 kegiatan lainnya. Salah satunya, riset kolaborasi (collaboration research) antara Umri dan universitas di Malaysia untuk bidang lingkungan, energi terbarukan, kesehatan, dan pangan. Program-program tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa maupun meningkatkan status akreditasi fakultas.

”Kami terus berupaya untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia putra-putri kita di Riau, khususnya di bidang pendidikan. Kami juga berharap program yang telah dijalankan dapat meningkatkan akreditasi jurusan, khususnya bagi FMIPA,” ujar GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

Tidak hanya dari sisi perusahaan, karyawan PT CPI secara sukarela juga menyumbangkan tenaga untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Program GLP. Sejumlah karyawan dari tim Laboratorium dan tim Health, Environment and Safety (HES) menjadi narasumber dalam sesi-sesi yang diselenggarakan. ”Perusahaan mendorong kesukarelawanan karyawan, atau employee voluntarism, untuk mewadahi semangat para karyawan yang ingin menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,’’ lanjut Sukamto.

Dalam Program URP, selain dengan Umri, PT CPI juga menjalin kemitraan dengan Teknik Kimia Universitas Riau, Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau, dan Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning. Program URP ini telah berjalan sejak 2010.

“PT. CPI meyakini bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kunci kemandirian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena itu, bidang pendidikan menjadi salah satu fokus program pengembangan masyarakat dari perusahaan kami,” pungkas Sukamto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper