Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wujudkan Sumut Agraris, Wawasan Pertanian Sejak Dini Dilakukan

Sumatra Utara (Sumut) yang agraris, unggul dengan produksi pertanian melimpah dan ketahanan pangan merupakan salah satu cita-cita yang ingin segera diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.
Hamparan tanaman padi/Dok. Kementan
Hamparan tanaman padi/Dok. Kementan

Bisnis.com, DELISERDANG - Sumatra Utara (Sumut) yang agraris, unggul dengan produksi pertanian melimpah dan ketahanan pangan merupakan salah satu cita-cita yang ingin segera diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Salah satu langkah untuk mewujudkan tersebut dilakukan melalui edukasi non formal. Sebut saja Taman Edukasi Cakra yang dikembangkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di areal kediaman pribadinya di Jalan Delitua Pamah, Gang Bunga, Deliserdang, merupakan salah satu wadah untuk belajar dan meningkatkan wawasan pertanian melalui edukasi non formal.

"Taman Edukasi Cakra ini diharapkan bisa menjadi semacam tempat belajar bagi masyarakat, untuk meningkatkan wawasan pertanian sekaligus memberi inspirasi untuk melakukan aktivitas pertanian dan ternak," katanya melalui keterangan resminya, Minggu (17/11/2019).

Edy menyayangkan saat banyak yang kurang minat atau mulai meninggalkan aktivitas pertanian. Beragam faktor menjadi penyebab, salah satunya lahan, memakan waktu lama, dan sebagainya.

Padahal, lanjutnya,sektor tersebut menjanjikan. Apalagi, saat ini inovasi pertanian dan ternak juga sudah semakin canggih. Berkebun, kata Edy, di lahan sempit dan tengah kota bisa mencoba dengan teknik urban farming. Seperti metode hidroponik, teknik vertikultur atau penanaman vertikal, dan lainnya.

"Minimal untuk kebutuhan atau sayuran pribadi kita kan lumayan itu dari kebun sendiri," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper