Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengangguran di Sumsel Masih Didominasi Lulusan SMK

BPS Sumatra Selatan mencatat tingkat pengangguran terbuka atau TPT di Sumatra Selatan masih didominasi lulusan sekolah menengah kejuruan dibanding jenjang pendidikan lainnya.

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan mencatat tingkat pengangguran terbuka atau TPT di Sumatra Selatan masih didominasi lulusan sekolah menengah kejuruan dibanding jenjang pendidikan lainnya.

Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2019, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) paling tinggi diantara tingkat pendidikan lain yaitu sebesar 11,69%.

“Dengan kata lain, ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap terutama pada tingkat pendidikan SMK dan SMA,” katanya, Selasa (5/11/2019).

Dia menambahkan TPT tertinggi berikutnya memang terdapat pada Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 7,91%.

Menurut Endang, mereka yang berpendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan apa saja, dapat dilihat dari TPT SD ke bawah paling kecil di antara semua tingkat Pendidikan, yaitu sebesar 1,39%.

“Dibanding kondisi setahun yang lalu, TPT mengalami peningkatan hanya pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMK, sedangkan TPT pada tingkat pendidikan lainnya menurun,” katanya.

Sementara itu, pihaknya mencatat jumlah penduduk yang bekerja di Sumsel pada Agustus 2019 mencapai 3,97 juta orang, bertambah sebanyak 4.600 orang atau naik tipis sebesar 0,12% dibandingkan keadaan Agustus 2018.

 Selama periode Agustus 2018 – Agustus 2019 terdapat sepuluh lapangan usaha mengalami peningkatan penyerapan penduduk bekerja, yaitu kategori Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum, Perdagangan, Jasa Lainnya.

Selanjutnya pertambangan, Konstruksi, Jasa Perusahaan, Listrik, Gas, dan Air, Jasa Kesehatan, Administrasi Pemerintahan, dan Aktivitas Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper