Edy Rahmayadi : 44 Pengungsi Asal Sumut Kembali ke Wamena

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memulangkan 44 orang pengungsi asal Sumut di Jayapura kembali ke Wamena.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  17:25 WIB
Edy Rahmayadi : 44 Pengungsi Asal Sumut Kembali ke Wamena
Seorang warga melintas di perumahan yang masih ditinggal mengungsi pemiliknya di kawasan Homhom, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (10/10/2019). Menurut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto jumlah pengungsi di Wamena sebanyak 3.800 orang yang tinggal sementara di Kodim, Koramil dan Polsek setempat. - Antara/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memulangkan 44 orang pengungsi asal Sumut di Jayapura kembali ke Wamena.

Mereka diberangkatkan melalui Bandara Sentani dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU, Kamis (10/10/2019).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menginginkan suasana di Wamena, Papua, kembali kondusif seperti semula. “Kita sangat berharap agar suasana di Wamena, Papua kembali kondusif. Sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan roda perekonomian kembali bergerak,” ujar Edy, Kamis (10/10/2019).

Setelah kondusif, menurut Edy, warga Sumut yang sempat mengungsi dapat segera kembali ke Wamena. Melanjutkan hidup di Wamena dan kembali bekerja, berjualan, berbisnis, membuka usaha, sekolah. “Jika semuanya mengungsi, siapa lagi yang akan membantu masyarakat Wamena untuk bangkit dan membangun daerah tersebut,” ujarnya.

Edy yang pernah menjadi Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Kodam XVII/Cendrawasih, sangat memahami karakter masyarakat Papua. Menurutnya, masyarakat Papua sangat terbuka dan menyambut baik setiap pendatang.

Edy melanjutkan, warga Sumut yang sempat mengungsi diharapkan dapat kembali ke Wamena dan berbaur bersama masyarakat setempat. “Sama-sama menjaga agar suasana tetap kondusif, bersinergi dan bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk membangun daerah tersebut,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Sumut Riadil Akhir Lubis, yang saat ini berada di Jayapura, Papua, mengkoordinir pengungsi Wamena asal Sumut yang ingin pulang ke Sumut atau akan kembali ke Wamena, mengatakan, dalam pemulangan warga ke Wamena tersebut, Pemprov Sumut berkoordinasi dengan TNI AU.

"Hari ini yang dipulangkan kembali ke Wamena sebanyak 44 orang pengungsi Wamena asal Sumatera Utara. Pemulangan tersebut bersama dengan pengungsi Wamena asal provinsi lainnya," kata Riadil Akhir Lubis, saat dihubungi, Kamis (10/10).

Riadil mengatakan, pemulangan pengungsi dilakukan secara bertahap. Sisa pengungsi yang ada akan diberangkatkan menunggu jadwal pewasat Hercules berikutnya. "Ada ratusan pengungsi Wamena asal Sumut yang ingin kembali ke Wamena. Mereka akan dipulangkan ke Wamena, namun pemulangannya dilakukan secara bertahap, karena ada juga yang dari provinsi lain akan kembali ke Wamena secara bersamaan," ujar Riadil.

Selain mengembalikan pengungsi ke Wamena, kata Riadil, Pemprov Sumut juga akan memfasilitasi sedikitnya 250 orang pengungsi asal Sumut yang ingin pulang ke Sumut. Pemulangan tersebut, dilakukan lewat jalur laut menggunakan kapal menuju Pelabuhan Belawan, yang berangkat pada Jumat (11/10).

"Kami sudah berkoordinasi dengan PT Pelni dan pihak syahbandar terkait rencana pemulangan pengungsi Wamena asal Sumut ke Provinsi Sumatera Utara, besok (Jumat, 11/10) dari Pelabuhan Jayapura," kata Riadil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumut, wamena

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top