Riau Dorong Lahan Gambut Ditanami Ubi Kayu

Pemprov Riau meminta kepada masyarakat setempat agar mengelola tanah gambut tidak dengan tanaman kelapa sawit, tapi ubi kayu.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 September 2019  |  16:45 WIB
Riau Dorong Lahan Gambut Ditanami Ubi Kayu
Lahan gambut. - Antara
Bisnis.com, PEKANBARU - Pemprov Riau meminta kepada masyarakat setempat agar mengelola tanah gambut tidak dengan tanaman kelapa sawit, tapi ubi kayu.
 
Menurut data pemprov, luas perkebunan kelapa sawit di wilayah itu mencapai sekitar 2,3 juta hektare, dan sebagian besar berada di lahan gambut.
 
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan saat ini ada banyak komoditas yang bisa dibudidayakan di lahan gambut selain kelapa sawit.
 
"Gambut ini sekarang tidak harus sawit lagi, tapi banyak yang bisa ditanam, misalnya ubi kayu, karena sekarang ini tren industri membutuhkan pasokan ubi kayu," katanya Rabu (25/9/2019).
 
Dia menjelaskan saat ini petani di beberapa daerah sudah mulai menanam dan membudidayakan ubi kayu di lahan gambut.
 
Misalnya di Kabupaten Kampar, di sana banyak petani yang menanam ubi kayu karena sudah ada pembeli potensial. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga untuk pasar ekspor.
 
Bahkan dari hitungan petani, hasil yang didapatkan dari tanaman ubi kayu, lebih besar bila dibandingkan kelapa sawit.
 
"Hitungan petani hasil dari ubi kayu ini malah lebih bagus dari sawit, masa tanam juga hanya 10 bulan sudah ada hasil panen," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, minyak sawit, gambut

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top