Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IKM Didorong Inovatif dengan Transformasi Digital

Implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan pada industri kecil dan menengah (IKM), namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta komitmen IKM itu sendiri.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 12 September 2019  |  20:37 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN— Implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan pada industri kecil dan menengah (IKM), namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta komitmen IKM itu sendiri.

Kepala Subdirektorat IKM Elektronika dan Telematika Agus Tavip Riyadi mengatakan IKM dan UMKM yang jumlahnya 99% dari total jumlah usaha di Indonesia selayaknya mendapat stimulant dan perhatian khusus, supaya dapat bersaing dan mengembangkan usahanya.

“Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh IKM salah satunya keterbatasan kemampuan dalam digital marketing, pengelolaan supply chain, serta pengolahan data untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis,” kata Agus, Kamis (12/9/2019).

Guna meningkatkan digital marketing tersebut, lanjutnya, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Menengah dan Aneka mengadakan program bertajuk Starup 4 Industry 2019, dimulai dari publikasi dan registrasi yang dilakukan pada 20 Agustus-20 Oktober 2019.

Agus menambahkan, tech link atau business matching antara IKM dengan starup telah dilaksanakan di beberapa kota seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makasar, dan Medan. “Ekosistem inovasi ini perlu kita bangun bersama-sama sehingga nanti akan menjembatani antara kebutuhan industri, dan inovasi yang dihasilkan,” katanya.

Menurutnya, keberadaan starup menjadi hal yang penting dalam akselerasi transformasi digital IKM, melalui penerapan teknologi digital hasil inovasi start up teknologi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikm
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top