Kebakaran Nyaris Habiskan Hutan Mahoni di Rejang Lebong

Kebakaran nyaris menghabiskan hutan mahoni, damar, dan pinus di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat, sekitar pukul 13.00 WIB.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  21:32 WIB
Kebakaran Nyaris Habiskan Hutan Mahoni di Rejang Lebong
Petugas Manggala Agni Daops Banyuasin berusaha memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Kayu Arehh, Kertapati Palembang, Sumatera Selatan, Minggu, (18/8/2019). Sebanyak enam helikopter water boombing dan 1.512 orang personel gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan Sat Pol PP dikerahkan untung melakukan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan. - ANTARA/Ahmad Rizki Prabu

Bisnis.com, REJANG LEBONG - Kebakaran nyaris menghabiskan hutan mahoni, damar, dan pinus di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat (23/8/2019), sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong Sumardi, mengatakan api yang melalap sisa daun dan belukar kering di bawah pepohonan tersebut, bisa dipadamkan oleh tim gabungan sehingga tidak merembet ke wilayah hutan lainnya.

"Beruntung apinya tidak menjalar lebih luas setelah petugas berhasil menjinakkan api yang melahap semak belukar. Kebakaran ini terjadi di hutan madapi (mahoni, damar, dan pinus) Desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya," kata dia, Jumat (23/8/2019).

Kebakaran hutan yang merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan TNKS wilayah Rejang Lebong tersebut, diketahui warga setempat sekitar pukul 13.00 WIB.

Api berhasil dipadamkan pihaknya dengan mengerahkan satu mobil pemadam dari Pos Damkar Kecamatan Bermani Ulu dibantu aparat TNI/Polri serta warga setempat.

Sejauh ini, pihaknya belum mengetahui sumber api berasal dari mana mengingat lokasi itu merupakan kewenangan pihak TNKS.

Kebakaran hutan dan lahan serupa, tambah dia, juga terjadi di wilayah Talang Gambir, Desa Sukarami, Kecamatan Bermani Ulu.

Akan tetapi, kata dia, karena lokasinya berada di dalam hutan sehingga pihaknya hanya bisa menyiagakan kendaraan pemadam kebakaran di pinggir kawasan itu.

"Petugas Damkar bersama dengan petugas TNI/Polri dan warga berjalan kaki guna memadamkannya dan informasinya pada sore tadi apinya sudah berhasil dipadamkan," ujar dia.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III TNKS Bengkulu-Sumsel Zainudin saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya kebakaran di dalam hutan mahoni, damar, dan pinus itu, namun apinya berhasil dipadamkan sebelum meluas.

"Lokasinya tidak jauh dari jalan sekitar, namun api berhasil dipadamkan dengan cepat oleh petugas TNKS, Damkar Kecamatan Bermani Ulu, masyarakat, dan anggota polsek," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kebakaran hutan

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top