Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyelesaian Tol Medan-Binjai Tunggu Pembebasan 6 Ha Lahan

Proyek pembangunan jalan tol Medan-Binjai masih terkendala pembebasan lahan di wilayah Tanjung Mulia.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  15:20 WIB
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, MEDAN— Proyek pembangunan jalan tol Medan-Binjai masih terkendala pembebasan lahan di wilayah Tanjung Mulia. Terdapat 6 hektare lahan di wilayah itu yang masih perlu dibebaskan untuk menyelesaikan konstruksi sesuai target.

Pimpinan Proyek Jalan Tol Medan-Binjai PT Hutama Karya Hestu Budi Husodo mengatakan, progres kontruksi tol Medan-Binjai sepanjang 17 km sudah mencapai kurang lebih mencapai 75%, sedangkan untuk pembebasan tanah sudah mencapai 85%.

Hestu mengatakan saat ini masih terkendala pembebasan lahan di wilayah Tanjung Mulia. Dia mengatakan masih ada sekitar 6 hektare lahan yang masih belum dibebaskan pada Seksi I. “Ini belum selesai, pembebasan masih agak lama karena dokumen yang belum lengkap,”katanya kepada Bisnis.com, dikutip Kamis (15/8/2019).

Dia mengatakan masih terkendala lambatnya penyiapan kelengkapan data untuk pembayaran ganti rugi, misalnya karena masalah warisan, sengketa keluarga, atau data kependudukan warga.

Sebelumnya, pembebasan lahan tersebut ditargetkan dapat selesai pada Agustus, namun hingga saat ini proses masih belum selesai. Pada lahan yang masih dalam tahap pembahasan, untuk pelaksanaanya masih menunggu proses pembayaran ganti rugi dan pembongkoran bangunan 2,27 km.

Sementara untuk lahan yang sudah bebas, katanya sudah selesai kontruksi sepanjang 4 km. Dari konstuksi yang sudah terselesaikan, sepanjang 2,7 km sudah mulai beroperasi, yakni ruas Jalan Veteran (GT Marelan)-Helvetia pada 13 Mei 2019. Dia menargetkan sisia pelaksanaan konstruksi sisa pekerjaan diperlukan waktu kurang lebih 10 bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan TOL MEDAN-BINJAI
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top