Lampung Pacu Layanan Prima untuk Gaet Investor

Pemprov Lampung terus berupaya meningkatkan pelayanan prima pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk kelancaran para investor berinvestasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  20:41 WIB
Lampung Pacu Layanan Prima untuk Gaet Investor
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Pelabuhan ini menjadi salah satu pemacu investasi di Lampung. - Antara/Ardianysah

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Pemprov Lampung terus berupaya meningkatkan pelayanan prima pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk kelancaran para investor berinvestasi.

"PTSP ini adalah ujung tombak untuk menjemput investasi," ujar Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, di Bandar Lampung, pada Selasa (30/7/2019).

Oleh karena itu, lanjutnya, adanya dukungan agar proses perizinan dipercepat dengan menghilangkan hambatan-hambatan.

"Presiden pernah mengatakan kita harus mengembangkan sektor-sektor ekonomi seperti industri, perkebunan, peternakan, pariwisata dan lain-lain. Maka kita harus percepat proses perizinan dengan menghilangkan hambatan-hambatan," tuturnya.

Namun, Fahrizal menyebut percepatan dengan menghilangkan hambatan itu juga harus tetap mengacu pada koridor peraturan perundang-undangan dan tidak meninggalkan regulasi.

"Kita lakukan PTSP prima ini artinya bisa melayani dengan cepat. Cepat bukan berarti kita meninggalkan regulasi. Tetap kita jalankan, tetapi kita lakukan percepatan-percepatan," ujarnya.

Fahrizal menuturkan selain target investasi yang tentunya harus meningkat setiap tahunnya, bentuk dari pada penyelenggaraan investasi ini juga, nantinya diharapkan harus mampu membuka lapangan kerja baru.

"Selain target nilai, terget kita juga bahwa investasi itu harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi ada target nilai investasinya, ada target penyerapan tenaga kerja dan ada target menciptakan nilai tambah di situ," kata Fahrizal.

Hal tersebut, menurut dia, akhirnya mampu bermuara untuk mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan.

"Ini relevan dengan visi Gubernur Arinal Djunaidi yakni Rakyat Lampung Berjaya. Agar berjaya maka masyarakatnya harus sejahtera dan agar masyarakatnya sejahtera, harus ada pekerjaan, pendapatan dan ekonominya harus tumbuh. Jangan sampai ada investasi, tetapi orangnya tambah miskin," ucapnya.

Fahrizal berharap dapat menyamakan persepsi dalam menyelenggarakan PSTP prima. "Salah satu yang harus kita dorong perannya adalah penanaman modal dan PTSP baik provinsi maupun seluruh kabupaten/kota," ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Lampung, Fauzia, mengatakan bahwa penyelenggaraan investasi di Provinsi Lampung ini tetap harus mengacu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Investasi harus memberikan kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan visi gubernur yakni Rakyat Lampung Berjaya, bagaimana Lampung dengan kemajuan yang ada salah satunya dengan investasi, mampu memberikan efek untuk kesejahteraan masyarakat," tambah Fauzia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lampung, investasi

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top