Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten OKI Mantapkan Lokasi Jembatan Penghubung Sumsel-Babel

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, memastikan lokasi pembangunan jembatan penghubung Sumatra Selatan–Bangka Belitung yang bakal dibangun tahun depan.
Ilustrasi/ANTARA-Arief BM
Ilustrasi/ANTARA-Arief BM

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI, Sumatra Selatan, memastikan lokasi pembangunan jembatan penghubung Sumatra Selatan–Bangka Belitung yang bakal dibangun tahun depan.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten OKI, Hafidz, mengatakan lokasi jembatan diperkirakan berada di Tanjung Tapa, Kecamatan Air Sugihan dari semula di LKecamatan Tulung Selapan.
 
”Kalau lihat kajian awal Tanjung Tapa lebih potensial karena jarak tempuh lebih pendek,” ungkap Hafidz, Jumat (19/7/2019).  
 
Menurut dia, tim Dinas PUPR OKI dan Bangka Belitung sedang melakukan prakajian jembatan penghubung yang didukung pembiayaannya dari APBN tersebut.
 
Dari kajian it, disiapkan tiga alternatif pasangan lokasi yang mungkin dikembangkan  baik dari sisi pulau Bangka maupun sisi pulau Sumatra.
 
Pertama, lokasi di Tanjung Punai, yang berada di antara Kecamatan Muntok dan Desa Kundi ke Juru Taro, Kabupaten Banyuasin, di sisi pulau Sumatra, dengan panjang rencana jembatan sekitar 22,6 kilometer.
 
Titik lokasi kedua adalah Tanjung Pura, Bangka Tengah, untuk sisi Sumatra adalah di Sungai Batang dengan rencana panjang jembatan 23,1 km.
 
Lokasi ketiga, di Desa Sebagin Bangka Selatan sementara di sisi pulau Sumatra berhubungan dengan Tanjung Tapa, Kecamatan Air Sugihan, OKI, dengan panjang jembatan yang lebih pendek yakni 15,2 km.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas PU BM dan Tata Ruang Sumsel, Darma Budhy, mengatakan pihaknya siap jika memang proyek senilai Rp15 triliun tersebut direalisasikan.
 
“Kami siap. Jadi kami sudah membentuk tim kolaborasi antara Sumsel dan Bangka. Tim itu diketuai Kepala Bappeda masing-masing provinsi, unsur TNI, PU dan lain-lain. Langkah awal tim gabungan untuk mempersiapkan FS itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper