Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruas Tol Trans Sumatra Wilayah OKI Segera Operasional

Jalan Tol Trans Sumatra yang melintasi wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, dipastikan sudah masuk tahap finishing sehingga siap diresmikan pada 17 Agustus 2019.
Ilustrasi/Bisnis-Abdullah Azzam
Ilustrasi/Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG -- Jalan Tol Trans Sumatra yang melintasi wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, dipastikan sudah masuk tahap finishing sehingga siap diresmikan pada 17 Agustus 2019.
 
Ruas tol yang akan diresmikan tersebut antara lain, Terbanggi Besar, Lampung-Kayuagung lalu menyusul Kayuagung-Palembang.
 
Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan peresmian ruas Tol Trans Sumatra itu dikabarkan akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.
 
“Kemungkinan Presiden akan meresmikan jalan tol Pematang Panggang – Kayuagung, Pematang Panggang – Terbanggi Besar pada 17 Agustus nanti,” katanya usai rapat dengan Tim Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR di Istana Gubernur Sumsel, Jumat (19/7/2019).
 
Sementara itu Anggota BPJT Kementerian PUPR, Koentjahjo Pamboedi yang menambahkan untuk tol Kapal Betung di segmen Kayuagung hingga Jakabaring sepanjang 33 Kilometer akan diresmikan pada Oktober nanti.
 
“Pengerjaan untuk Palembang-Betung masih on progress sesuai yang dijadwalkan. Oktober operasional. Untuk Pematang Panggang – Kayuagung, Pematang Panggang – Terbanggi Besar, rencananya diresmikan oleh presiden pada Agustus nanti,” jelasnya.
 
Koentjahjo menyebut, ruas tol Terbangi Besar-Kayuagung sepanjang 185 km sudah masuk tahap finishing atau sudah mencapai 93%.
 
“Ruas Simpang Pematang--Kayu Agung. Ada beberapa titik masih sampai tahap pekerjaan lapis finish flexible pavement (aspal). Kemudian juga penyelesaian untuk guard rail, reflector, marka jalan, median barrier serta penyelesaian gerbang tol Kayu Agung dan gerbang tol Lambu Kibang,” paparnya.
 
Sebelumnya Bupati Kabupaten OKI, Iskandar, menginginkan agar proyek strategis nasional yang melintas di OKI dapat berdampak signifikan terhadap laju perekonomian sekitar.
 
Menurut Iskandar, peluang ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM asli OKI, agar ekonomi yang ada di daerah itu semakin berkembang.
 
Iskandar meminta rest area (tempat istirahat) yang tersedia di Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) ruas Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang diisi oleh UMKM lokal.
 
“Saya ingin produk UMKM dan usaha lokal OKI ini padati rest area tol, karena ini benefit kita untuk memajukan daerah,” katanya.
 
Diketahui Jalur Trans Sumatra yang malalui Kabupaten OKI antara lain, seksi Pematang Panggang- Kayuagung sepanjang 85 km dan Kayuagung--Palembang, 33 km.
 
Apabila telah resmi beroperasi, Tol Terbanggi Besar--Kayuagung dapat memangkas waktu tempuh Bakauheni Lampung-Palembang dari 10-12 jam bisa menjadi 4-5 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper