Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Kebakaran Hutan, Musi Banyuasin Gratiskan Alat Buka Lahan untuk Petani

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dengan menggratiskan alat untuk membuka lahan tanpa bakar kepada petani di wilayah tersebut.

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla dengan menggratiskan alat untuk membuka lahan tanpa bakar kepada petani di wilayah tersebut.

Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin, mengatakan program tersebut dinilai bakal efektif mencegah karhutla yang seringkali terjadi saat musim kemarau tiba.

“Sebentar lagi kita akan dihadapkan pada musim kemarau, jadi ke depan tidak ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar dengan program bantuan alat buka lahan tanpa bakar ini di Muba akan meminimalisir terjadinya karhutla,” katanya, Selasa (25/6/2019).

Dia menjelaskan bantuan alat buka lahan tanpa bakar ini bersumber dari anggaran dana desa. Kepala desa diwajibkan untuk mengalokasikan dana desa yang dialokasikan untuk pembelian alat buka lahan tanpa bakar.

Dia melanjutkan adapun alat buka lahan tanpa bakar yang diberikan diantaranya mis blower/spayer, KCP solo/spayer, scincawi, mesin rumput, racun tunggul garlon.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Fadjry Djufry, mengapresiasi langkah Pemkab Muba untuk meminimalisir karhutla.

“Pemkab juga telah mengedukasi petani di daerah pelosok dengan memberikan alat buka lahan tanpa bakar secara gratis kepada petani,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper