Tol Trans Sumatra: Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung Operasional Agustus

Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar di Lampung hingga Kayu Agung di Sumatra Selatan dipastikan operasional pada Agustus 2019.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  14:38 WIB
Tol Trans Sumatra: Ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung Operasional Agustus
Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar, di Desa Sababalau Lampung Selatan, Lampung, Kamis (30/5/2019). Memasuki H-6 Lebaran tahun 2019, volume arus mudik melalui jalan tol Trans Lampung dari arah Jakarta ke Palembang mulai mengalami peningkatan. - Antara/Ardiansyah

Bisnis.com, PALEMBANG – Jalan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar di Lampung hingga Kayu Agung di Sumatra Selatan dipastikan operasional pada Agustus 2019.

Project Manager PT Hutama Karya (Persero), Hasan Turcahyo, mengatakan jalan tol sepanjang 185 kilometer itu rencananya akan diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI Joko Widodo pada 17 Agustus 2019.

“Progress sekarang sudah selesai kan jalannya, tinggal melakukan beberapa penyempurnaan saja sehingga Agustus nanti bisa resmi beroperasi,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (24/6/2019).

Hasan memaparkan penyempurnaan yang sedang dikebut perseroan antara lain pemasangan pembatasan jalan (gate rail), rambu-rambu dan marka jalan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sedang menyelesaikan pembangunan tempat istirahat (rest area) di sepanjang jalan tol tersebut. Meskipun, Hasan belum bisa memastikan bangunan rest area nantinya permanen atau masih bersifat sementara.

“Nanti ke depan permanen, kalau belum sempurna ya sembari jalan diselesaikan [rest area],” kata Hasan.

Diketahui, ruas tol Terbanggi Besar—Kayu Agung terdiri dari dua seksi, yakni Terbanggi Besar—Pematang Panggang sepanjang 100 km dan Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 85 km.

Ruas tersebut merupakan lanjutan dari tol Trans Sumatra yang dimulai dari Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 142 km yang lebih dulu operasional.

Hasan mengatakan jika tol Terbanggi Besar – Kayu Agung resmi beroperasi maka dapat memangkas waktu tempuh Lampung – Palembang dari semula bisa 8 jam—10 jam menjadi 3 jam – 4 jam saja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
trans sumatra

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top