Musi Banyuasin Raih UHC dari BPJS Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mencatat 95% warga di daerah itu sudah terlindungi BPJS Kesehatan sehingga mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS KEsehatan.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 12 Maret 2019  |  20:00 WIB
Musi Banyuasin Raih UHC dari BPJS Kesehatan
Warga antre mengurus kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mencatat 95% warga di daerah itu sudah terlindungi BPJS Kesehatan sehingga mendapat predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS KEsehatan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, dirinya akan fokus meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas cabang pembantu di pedesaan hingga RSUD Sekayu. Bahkan, saat ini RSUD Sekayu telah menjadi RS Rujukan di Provinsi Sumsel.

"Pemkab Muba juga akan menerapkan prosedur open member, yang nantinya tidak ada lagi warga Muba yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dan baik, semuanya harus tercover pada asuransi kesehatan," ujarnya, Selasa (12/3/2019).

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu BPJS Kesehatan, Erna Wijaya Kesuma, mengapresiasi Pemkab Muba yang telah mengcover sebagian besar warga Muba dalam kepesertaan JKN-KIS atau BPJS Kesehatan.

“Kami dari pihak BPJS Kesehatan mengapresiasi Bupati Muba yang sangat komitmen dan konsisten memperhatikan serta merealisasikan pelayanan kesehatan bagi warganya, oleh sebab itu Muba sangat pantas mendapatkan predikat UHC,” katanya.

Erna menghimbau, kepada Kabupaten/kota lain kiranya dapat mencontoh komitmen Pemkab Muba dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga di daerah masing-masing.

“Semoga apa yang sudah dilakukan Pemkab Muba ini dapat menjadi inspirasi daerah lainnya khususnya di Sumsel,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bpjs kesehatan, musi banyuasin

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top