Kementerian LHK Temukan Lahan Chevron di Dumai Terbakar

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menemukan kasus kebakaran lahan di wilayah operasional PT Chevron Pacific Indonesia di Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  17:55 WIB
Kementerian LHK Temukan Lahan Chevron di Dumai Terbakar
Ilustrasi Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Bisnis.com, PEKANBARU -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menemukan kasus kebakaran lahan di wilayah operasional PT Chevron Pacific Indonesia di Dumai, Provinsi Riau.
 
Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kemen LHK Raffles mengatakan saat meninjau situasi karlahut di Dumai, ketika hendak ke bandara Pinang Kampai menemukan kebakaran di areal CPI, yang luasnya sekitar satu hektare.
 
"Di Dumai, itu insiden [kebakaran] pas saya lewat pas di samping wilayah Chevron, tapi sudah langsung saya panggil satpamnya, dikontak ke perusahaan langsung, tapi 45 menit baru datang pemadam, sempat agak besar tapi sudah ditangani bisa, turun dari Kodim, Polres, Manggala Agni sudah langsung dipadamkan, kemaren sore saya kembali jam 4 sore sudah tinggal sedikit dan pagi ini sudah mati [apinya]," katanya usai rapat penanggulangan karlahut Riau di Pekanbaru, Rabu (27/2/2019).
 
Petugas satpam itu menurut Raffles kemarin diperiksa oleh aparat dari Polres Dumai untuk mengetahui apakah ada unsur kesengajaan dari kebakaran lahan tersebut, karena dia menemukan satpam diam saja saat sudah melihat api.
Namun satpam mengaku sudah melapor, setelah 45 menit kemudian barulah datang tim pemadam.
 
Sementara itu Manager Corporate Communication PT CPI Sonitha Poernomo dalam keterangan resminya menyatakan setelah menerima laporan kebakaran dari petugas keamanan, Tim Pemadam Kebakaran PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) langsung menuju lokasi untuk memadamkan titik-titik api, bekerja sama dengan tim gabungan TNI, Polri dan BNPB.
 
"PT CPI prihatin atas situasi kebakaran lahan dan asap serta terus memantau kualitas udara di Riau, PT CPI berkomitmen untuk meminimalkan dampak asap terhadap operasi dan masyarakat dan terus mengupayakan pencapaian produksi secara selamat dan andal," katanya.
 
Selain itu Humas Chevron Rumbai Rinta mengatakan satpam memang bertugas untuk mengamankan wilayah operasional CPI, bukan memadamkan api karena tidak dibekali peralatan untuk hal tersebut.
 
"Tim fire kami sudah turun setelah laporan dari satpam, memang hanya tim fire di Dumai, dengan anggota dari dua tim yang bekerja secara shift, selain itu tim kami juga terus berkoordinasi dengan BNPB, TNI dan Polri setempat," katanya.
 
Adapun menurut BPBD Riau angka kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu sudah mencapai 1.136 hektare, dengan wilayah terbakar paling luas di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
chevron, Kabut Asap, kebakaran hutan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top