Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gubernur Riau Syamsuar Minta Kabupaten Buat Posko Karlahut

Gubernur Riau Syamsuar meminta pemda kabupaten dan kota untuk membuat posko penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di tiap daerah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  17:03 WIB
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid
Kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit rakyat terjadi di sejumlah tempat di Desa Bukit Kerikil Bengkalis dan Desa Gurun Panjang di Dumai, Dumai Riau, Senin (25/2/2019). - ANTARA/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemda kabupaten dan kota di Provinsi Riau diminta untuk membuat posko penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di tiap daerah.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Riau Syamsuar kepada bupati, agar penanggulangan karlahut dapat berjalan lebih baik.

"Kalau kemarin waktu masih bupati, saya sendiri yang pimpin poskonya, karena dengan begitu bisa langsung berkoordinasi ke tim satgas di daerah," kata Syamsuar, Rabu (27/2/2019).

Untuk tingkat provinsi, Syamsuar meminta posko siaga karlahut di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru beroperasi penuh selama 24 jam.

Sementara itu kemarin malam Gubernur juga sudah melakukan rapat koordinasi penanggulangan karlahut bersama Danrem 031 Wirabima.

Hari ini, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution berangkat ke Rupat Bengkalis, untuk meninjau pemadaman api karlahut di wilayah itu.

"Saya sudah minta semua petugas untuk bersiaga karena status daerah yang sudah siaga darurat sekarang," kata Syamsuar.

Menurut BPBD Riau angka kebakaran lahan dan hutan di wilayah itu sudah mencapai 1.136 hektare, dengan wilayah terbakar paling luas di Kabupaten Bengkalis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau Kabut Asap kebakaran hutan Karhutla
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top