Palembang Menjadi Sister City Houston AS

Pemerintah Kota Houston Amerika Serikat tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang melalui program kota kembar atau sister city.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 14 Februari 2019  |  12:30 WIB
Palembang Menjadi Sister City Houston AS
NRG Stadium, markas tim footbal Houston Texans - Wikipedia

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Houston Amerika Serikat tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang melalui program kota kembar atau sister city.

Nana Yuliana, Konsul Jenderal RI Houston mengatakan pihaknya tertarik untuk menjalin sister city dengan Palembang karena adanya kemiripan antara dua kota ini.

“Kedua kota ini memiliki kesamaan sebagai kota energi dan olahraga. Dimana Palembang memiliki stadion besar seperti Jakabaring Sport City [JSC],” katanya dalam keterangan pers, Kamis (14/2/2019)

Nana menjelaskan bahwa Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) memiliki salah satu tugas dalam meningkatkan hubungan wilayah kerja dengan Houston. Dimana KJRI di Houston memiliki strategi antara lain promosi, people to people connectivity dan perlindungan.

“Diharapkan dengan adanya sister city ini dapat saling menguntungkan antara Palembang dengan Houston,” kata Nana.

Dia menambahkan, sister city adalah hubungan kerja sama jangka panjang, antara dua kota dalam dua negara yang berbeda melalui budaya, pendidikan, bisnis, dan teknis.

Houston, lanjut dia, merupakan kota terbesar keempat terbesar di Amerika Serikat dan kota terbesar di Negara Bagian Texas. Houston sendiri merupakan daerah yang terkenal sebagai Oil and Gas Beltway di Negara Bagian Texas.

"Selain minyak dan gas bumi Houston juga mempunyai keunggulan di bidang petrokimia, pertambangan, real estate, manufaktur, asuransi, keuangan, transportasi, konstruksi, pertanian, pariwisata, lingkungan hidup, perdagangan umum dan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo mengharapkan, dengan Sister City ini mampu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara Kota Palembang dengan Houston.

“Palembang punya potensi yang besar yang bisa dikerjasamakan dengan Houston. Seperti, pariwisata, kreasi kerajinan dan tenaga SDM. Kita harapkan, kerjasama ini akan makin mempererat hubungan Palembang-Houston,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bappeda dan Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi. Menurut dia, banyak potensi yang bisa jadi kerjasama

“Misalnya, pertukaran SDM, pembangunan budaya, pemasaran kerajinan UMKM. Insya Allah, nanti kerjasama ini akan dimatangkan dalam Forum Sister City yang akan digelar di Houston pada 17-19 Juli 2019 nanti,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sister city

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top