Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HNSI: Budi Daya Ikan di Simalungun Terbaik di Sumut

HNSI menyebut budi daya ikan di Kabupaten Simalungun yang terbaik se-Sumatra Utara karena telah menerapkan manajemen mutu terpadu.
Ilustrasi budi daya ikan./Antara-Aditya Pradana Putra
Ilustrasi budi daya ikan./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MEDAN – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menyebut budi daya ikan di Kabupaten Simalungun yang terbaik se-Sumatra Utara karena telah menerapkan manajemen mutu terpadu seperti dilakukan PT Suri Tani Pemuka.

"Budi daya ikan yang dilakukan perusahaan swasta itu perlu dicontoh oleh usaha budi daya ikan lainnya di kabupaten/kota di Sumut," kata Wakil Ketua DPD HNSI Sumut, Nazli, di Medan, pada Senin (31/12/2018).

Apalagi, jelasnya, PT Suri Tani Pemuka (STP) juaga telah mendapatkan penghargaan sebagai Unit Pengolahan Ikan (UPI) terbaik dalam menerapkan program Manajemen Mutu Terpadu (MMT).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada peringatan Hari Nusantara ke-19 tingkat Provinsi di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Jumat (28/12/2018).

Dia menjelaskan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang giat-giatnya melaksanakan budi daya ikan ditambak ataupun di sungai.

Kegiatan tersebut merupakan program pemerintah untuk meningkatkan usaha budi daya ikan sekaligus memajukan perekonomian nelayan Sumut. "Jadi, nelayan yang mencari ikan di laut tidak hanya menggunakan alat tangkap, tetapi juga bisa melaksanakan budi daya."

Nazli meminta kepada nelayan, tidak hanya menggantungkan nasib mencari ikan di laut, tetapi bisa melakukan budi daya ikan di tambak, sungai dan tempat-tempat lainnya yang cukup strategis.

Nelayan yang mencari ikan untuk menafkahi anak dan keluarga, tidak boleh hanya bergantung mencari ikan di laut, tetapi bisa membuat budi daya ikan.

"Kegiatan budi daya ikan yang dilakukan sejumlah nelayan, banyak yang telah berhasil dan sukses meningkatkan perekonomian mereka," kata Nazli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper