Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sucofindo Siapkan Pendampingan Bisnis Berkelanjutan

PT Sucofindo (Persero) melakukan langkah inovatif dengan memberikan layanan yang lebih bervariasi.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 12 Desember 2018  |  19:29 WIB

Bisnis.com, MEDAN - Seiring dengan perkembangan dunia usaha, PT Sucofindo (Persero) melakukan langkah inovatif dengan memberikan layanan yang lebih bervariasi.

Perusahaan pelat merah yang telah berusia 62 tahun itu memberikan layanan untuk meningkatkan daya saing pelanggan dalam mencapai sustainable business.

Beberapa produk dan jasa yang dikembangkan dan ditawarkan Sucofindo kepada pelanggan antara lain dalam bidang jasa inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan.

Guna menyosialisasikan layanan baru sekaligus memberikan apresiasi kepada para pelanggan loyalnya, Sucofindo Cabang Medan menyelenggarakan Temu Pelanggan dengan tema Sustainable Bussiness Through Sucofindo’s Customer Experience, di Medan, Rabu (12/12/2018).

“Apresiasi kami berikan kepada pelanggan wilayah Sumut yang telah bekerjasama secara loyal, dan bersama-sama meningkatkan daya saing serta menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Pelanggan tersebut, diantaranya Pelindo 1, PT Pertamina EP, Permata Hijau Group, PT Inalum, PT PLN UIK SBU, dan PT PN IV,” kata Endrizal, Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Medan.

Dia menjelaskan, beberapa jasa layanan Sucofindo Medan untuk pelanggan antara lain Sertifikasi Sistem manajemen lingkungannya (ISO 14001). Sistem ini bertujuan menyediakan kerangka bagi organisasi untuk melindungi lingkungan dan merespons kondisi lingkungan yang berubah-ubah seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi.

Selain itu, sistem ISO 14001 juga bertujuan menentukan persyaratan yang memungkinkan organisasi mencapai hasil yang dimaksud yang ia tetapkan untuk sistem manajemen lingkungannya.

Bentuk layanan lainnya yakni jasa dalam penerapan industri hijau. Industri hijau bertujuan mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Pada akhirnya diharapkan pembangunan industri dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dapat berjalan selaras serta bermanfaat bagi masyarakat sesuai UU No. 3/2014 tentang Perindustrian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan Korporat Sucofindo Herliana Dewi menjelaskan beberapa jasa baru yang diberikan Sucofindo yakni dalam penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Ini untuk membantu berbagai industri yang telah menyadari perubahan paradigma pembangunan dari pertumbuhan ekonomi menjadi pembangunan berkelanjutan, dengan menerapkan lima elemen dalam konsep berkelanjutan seperti, ketersediaan dana, misi lingkungan, tanggung jawab sosial, terimplementasi dalam kebijakan, memiliki nilai manfaat,” tuturnya.

Terkait dengan penerapan CSR tersebut, maka Sucofindo melaksanakan pelatihan terkait penerapan ISO 26000. Pelatihan tersebut bertujuan memberi pemahaman dan pengertian tentang pedoman dalam melaksanakan kegiatan CSR yang meliputi, hak-hak asasi manusia, praktek ketenagakerjaan, lingkungan, praktek operasi yang adil, isu-isu konsumen, pelibatan dan pengembangan masyarakat.

Jasa baru lainnya adalah jasa audit energi dan sertifikasi Sistem Manajemen Energi ISO 50001. Audit energi tersebut bertujuan untuk melakukan identifikasi potensi penghematan energi pada pada sistem, fasilitas, area, ataupun proses produksi. Hal ini diharapkan dapat membantu pelanggan untuk melakukan efisiensi energi.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pelanggan Sucofindo, yaitu Pertamina EP, membagikan pengalamannya menerapkan salah satu dari sistem tersebut dan kerja sama dengan Sucofindo Cabang Medan, sehingga dapat mendukung kinerja Pertamina EP yang terkait dengan ekskalasi produksi.

“Dalam melakukan tugas untuk menyiapkan minyak dan jaringan gas, Pertamina EP tidak bisa kerja sendiri dan Sucofindo selalu hadir di setiap tahapan. Sucofindo sudah memiliki standar uji dan prosedur serta kredibilitas yang baik sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik dibandingkan dengan perusahaan service lainnya,” kata Benedictus, Staf Environment Pertamina EP.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sucofindo
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top