Pemprov Sumut Launching SISKOPAD

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meluncurkan Sistem Koordinasi Perangkat Daerah (SISKOPAD) untukmenciptakan koordinasi dan sinergitas yang baik dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjalankan program dan kegiatan.
Ropesta Sitorus | 28 November 2018 18:46 WIB
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (kiri) bersama Wakil Gubernur Musa Rajekshah (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meluncurkan Sistem Koordinasi Perangkat Daerah (SISKOPAD) untuk menciptakan koordinasi dan sinergitas yang baik dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjalankan program dan kegiatan.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Sabrina di Aula Raja Inal Siregar (RIS), Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu (28/11/2018).

“Untuk membangun koordinasi dan sinergitas yang baik, pada kesempatan yang berbahagia ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melaunching atau meluncurkan satu sistem aplikasi baru yang disebut sebagai SISKOPAD,” ujarnya.

SISKOPAD adalah sistem aplikasi berbasis teknologi informasi yang membantu memudahkan koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) guna efisiensi dan efektivitas terwujudnya visi dan misi Provinsi Sumut. 

Melalui sistem ini dimungkinkan untuk menjadwalkan, menginformasikan, mengagendakan, mendokumentasikan, mengarsipkan dan mengevaluasi penyelenggaraan rapat pimpinan, rakor bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dengan menggunakan teknologi informasi.

Dengan dukungan SISKOPAD ini, kata Sabrina, diharapkan penyelenggaraan rapat-rapat koordinasi pembangunan dapat berjalan secara efektif dan efisien, terekam dengan baik, dan termonitor perkembangan langkah tindaklanjutnya. 

“Sehingga seluruh program dan kegiatan dapat terlaksana secara optimal dan pencapaian visi dan misi Pemprov Sumut dapat terwujud dalam waktu yang lebih singkat,” katanya.

Selain itu, kata Sabrina, penerapan SISKOPAD, juga bagian dari upaya mewujudkan sistem administrasi tanpa kertas (paperless). Tujuannya, untuk mewujudkan sistem administrasi pemerintahan yang efektif dan efisien, serta mendukung clean government di lingkungan Pemprov Sumut secara sistematis dan terpadu.

“Mengurangi penggunaan kertas juga berarti mengurangi biaya pengeluaran. Serta bermanfaat bagi pelestarian lingkungan, mengurangi pohon yang ditebang untuk membuat kertas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sabrina juga meminta seluruh OPD di lingkungan Pemprov Sumut untuk segera menerapkan SISKOPAD. Sehingga bermanfaat dalam mendukung koordinasi dan sinergitas antar OPD, yang bermuara pada percepatan pencapaian visi dan misi pembangunan Pemprov Sumut. 

“Saya memerintahkan kepada kita semua, untuk benar-benar melaksanakan rapat-rapat koordinasi dengan dukungan SISKOPAD ini,” ujarnya. 

Tag : sumut, koordinasi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top