Train Set Terakhir LRT Sumsel Dijadwalkan Tiba Akhir November

Satu rangkaian kereta atau train set terakhir LRT Sumatra Selatan telah dikirim produsen kereta, PT Industri Kereta Api (Persero), dan dijadwalkan tiba di Palembang pada akhir November 2018.
Dinda Wulandari | 22 November 2018 15:27 WIB
Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro berpose di kereta LRT di Pabrik PT INKA, Madiun, Jawa Timur, Rabu (7/11/2018). - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, PALEMBANG – Satu rangkaian kereta atau train set terakhir LRT Sumatra Selatan telah dikirim produsen kereta, PT Industri Kereta Api (Persero), dan dijadwalkan tiba di Palembang pada akhir November 2018.

Manager Humas dan Protokol PT INKA Exiandri BP mengatakan pihaknya telah mengirimkan train set ke-8 sesuai dengan kontrak pembuatan moda transportasi anyar untuk Kota Palembang itu.

“Kami sudah kirim satu lagi train set pada Minggu (18/11) dan itu adalah rangkaian kereta terakhir untuk LRT Sumsel,” katanya, Kamis (22/11/2018).

Exiandri mengemukakan sama seperti 7 train set sebelumnya, pengiriman train set terakhir dari pabrik INKA di Madiun, Jawa Timur, itu juga menempuh jalur laut sehingga nantinya tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Menurut dia, saat ini pengiriman kereta sudah tiba di Pelabuhan Merak dan akan dilanjutkan perjalanan laut menuju Palembang.

"Terakhir saya dapat informasi keretanya sudah tiba di pelabuhan Merak dan akan dikirim lewat jalur laut. Diupayakan awal Desember sudah di Depo dan langsung kami cek lagi sebelum nanti beroperasi," katanya.

Dia memaparkan rangkaian kereta LRT Sumsel terdiri dari tiga gerbong. Nantinya, setelah tiba di pelabuhan, kereta akan dibawa langsung ke Depo LRT di Jakabaring untuk proses pengecekan akhir.

Kemudian, dia melanjutkan, setelah pengecekan selesai dan dinyatakan siap maka akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Semua kita cek, mulai dari input data uji dinamis dan sebagainya. Artinya nanti ini dipastikan siap semua baru beroperasi. Terkait berapa kereta yang dipakai nanti tergantung KAI, tapi biasanya ada kereta cadangan dan tidak semua dipakai," katanya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryani mengatakan setiba di Palembang kereta akan segera dioperasikan. Namun sebelum operasi, KAI bersama Inka akan memastikan lebih dulu kelayakan kereta.

"Sampai nanti tidak langsung beroperasi, masih proses sertifikasi dan pengecekan perelengkapan terakhir. Setelah semua selesai baru keretanya dioperasionalkan," kata Aida.

Selanjutnya kereta akan beroperasi penuh pada awal tahun 2019 mendatang dengan 8 trainset atau total 24 gerbong kereta.

Tag : palembang, pt inka, LRT
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top