Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih 33.000 Pemilih Pemula di Palembang Belum Miliki e-KTP

Pemerintah Kota Palembang mencatat masih terdapat 33.000 pemilih pemula di kota itu yang belum memiliki KTP elektronik atau e-KTP.
Ilustrasi/ANTARA-Adeng Bustomi
Ilustrasi/ANTARA-Adeng Bustomi

Bisnis.com, PALEMBANG –Pemerintah Kota Palembang mencatat masih terdapat 33.000 pemilih pemula di kota itu yang belum memiliki KTP elektronik atau e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang, Edwin Effendi, mengatakan dari  total 1,1 juta warga terdapat 66.000 pemilih pemula di Kota itu atau berusia 17 tahun.

“Dari jumlah tersebut baru separuhnya yang memiliki e-KTP adahal pemerintah sudah menargetkan semua pemilih baru harus sudah memiliki e-KTP paling lambat akhir tahun ini,” katanya, Jumat (26/10/2018).

Menurut Edwin, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada masyarakat utamanya kepada kepala keluarga agar diharapkan segera mendaftarkan anggota keluarganya tersebut untuk segera membuate-KTP.

Dia mengemukakan jika sampai sekarang belum melakukan perekaman data maka pemilih pemula tersebut terancam kehilangan hak pilihnya untuk pesta demokrasi tahun depan.

Oleh karena itu, dia melanjutkan, sejumlah upaya terus dilakukan agar perekaman segera dapat terealisasi, mulai dari perekaman dengan sistem jemput bola.

“ Ada sekitar  170 petugas yang kami kerahkan untuk mencari pemilih pemula dari kelurahan hingga ke sekolah,” katanya.

Selain itu, proses perekaman juga bisa dilakukan di kecamatan yang berbeda dengan tempat tinggal. Edwin menjanjikan proses pencetakan e-KTP akan berlangsung cepat.

Dia menargetkan semua pemilih pemula di Palembang dapat menggunakan haknya tanpa harus menggunakan Surat Keterangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper