Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bengkulu Selatan Berkomitmen Permudah Perizinan Sektor Usaha Potensial

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, terus berupaya meningkatkan iklim investasi melalui kemudahan mengurus perizinan dan promosi sektor usaha potensial.
Ilustrasi./Antara-Ahmad Subaidi
Ilustrasi./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, BENGKULU SELATAN—Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, terus berupaya meningkatkan iklim investasi melalui kemudahan mengurus perizinan dan promosi sektor usaha potensial.

"Dengan dukungan regulasi dan kebijakan yang tepat, maka investor akan tertarik untuk menanamkan modal di daerah ini," kata Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud di Manna, Kamis (3/5/2018).

Dia mengakui, minimnya investor menjadi penyebab rendahnya pendapatan asli daerah di Kabupaten Bengkulu Selatan. Tahun 2017, jumlah PAD yang diterima hanya sebesar Rp55 miliar, sementara anggaran belanja mencapai Rp 975 miliar.

"Upaya untuk meningkatkan pemasukan bagi daerah adalah dengan meningkatkan iklim investasi. Ada banyak sumber daya yang bisa dieksplorasi di Bengkulu Selatan, seperti sektor pertanian dan pariwisata," ujarnya.

Saat ini, lanjut Dirwan, sebagai salah satu komitmen dalam rangka memberikan kemudahan berusaha, pihaknya telah meluncurkan sistem perizinan tunggal terintegrasi atau disebut online single submission (OSS). Ada 55 perizinan yang dapat diakses secara dalam jaringan.

Calon investor cukup mengunduh berkas persyaratan kapan saja dan di mana saja melalui ponsel maupun gawai lainnya tanpa harus datang ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Komitmen dan keseriusan pemerintah dalam regulasi dan kebijakan menjadi garansi bagi para investor. Hingga triwulan pertama 2018, realisasi investasi yang masuk ke Bengkulu Selatan sebesar Rp 43 miliar.

Saat ini, Pemkab Bengkulu Selatan lebih mengedepankan percepatan pengembangan sektor pertanian, terkhusus palawija dengan menargetkan 20.000 hektare kebun jagung.

Sementara, untuk sektor pariwisata, pemerintah sedang melakukan pembenahan Pantai Pasar Bawah melalui anggaran senilai Rp1,2 miliar dan renovasi tata kota yang menghabiskan dana sekitar Rp 20 miliar.

"Investasi berpengaruh terhadap terciptanya lapangan kerja dan menurunkan angka kemiskinan. Pembenahan ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penanam modal," imbuh Bupati Dirwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper