Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Mentawai Buka Jalan Baru Sepanjang 167 Kilometer

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, membuka jalan baru sepanjang 167 kilometer. Hal itu dilakukan dengan dukungan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) guna mempercepat pembangunan infrastruktur daerah itu.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 26 April 2018  |  17:15 WIB
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra
Pantai Mapadegat di Mentawai, Sumatra Barat. - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, membuka jalan baru sepanjang 167 kilometer. Hal itu dilakukan dengan dukungan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) guna mempercepat pembangunan infrastruktur daerah itu.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebutkan pembangunan infrastruktur Mentawai perlu dikebut guna memudahkan akses masyarakat, termasuk pembukaan jalan baru dengan menggandeng TNI.

“Jadi akan dibuka jalan baru sepanjang 167 kilometer melalui TMMD. Diharapkan dengan bantuan TNI, bisa terlaksana,” katanya, Kamis (26/4/2018).

Dia menyebutkan pembukaan jalan baru tersebut sudah masuk dalam prencanaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurutnya, infrastruktur merupakan salah satu syarat untuk mendorong percepatan pembangunan serta mempercepat pengembangan ekonomi Mentawai agar lepaskan dari kategori daerah tertinggal.

“Harapan kami, dengan percepatan pembukaan jalan baru ini akan mempercepat keluarnya Mentawai dari status sebagai daerah tertinggal,” katanya.

Nasrul menargetkan Kepulauan Mentawai bisa lepas dari kategori daerah tertinggal selambat-lambatnya pada 2021 mendatang.

Selain akses jalan, imbuhnya, ketersediaan air bersih dan jaringan sanitasi juga harus tersedia dengan baik. Begitu pula dengan infrastruktur penunjang lainnya.

Bupati Mentawai Yudas Sabagalet menyebutkan daerahnya tengah mengebut pembangunan infrastruktur untuk mempercepat pengembangan daerah.

“Fokusnya memang dalam pembangunan infrastruktur, supaya akses masyarakat terbuka,” ujarnya.

Dia menuturkan infrastruktur penting yang dikembangkan pemerintah setempat adalah infrastruktur jalan raya, pelabuhan, bandara, telekomunikasi, dan penyediaan jaringan listrik dan air bersih.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mentawai
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top