Mentawai Bangun Jaringan Air Bersih di Siberut

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat merencanakan pembangunan jaringan air bersih di Pulau Siberut guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat.
Heri Faisal | 23 April 2018 14:45 WIB
Ilustrasi pipa air bersih.

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat merencanakan pembangunan jaringan air bersih di Pulau Siberut guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan jaringan air bersih penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pulau terbesar di kawasan tersebut.

“Kami akui jaringan air bersih di Pulau Siberut ini sangat minim, makanya fokus kami adalah membangun jaringan air bersih untuk masyarakat,” katanya, Minggu (22/4/2018).

Dia mengatakan untuk tahun ini, salah satu fokus pembangunan pemda setempat adalah membangunan jaringan air bersih di Siberut.

Menurutnya, selain untuk kebutuhan harian masyarakat, keberadaan jaringan air bersih yang baik juga akan membantu untuk pengembangan kawasan tersebut, termasuk memudahkan investasi ke daerah itu.

Yudas mengungkapkan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumbar dan Dinas Pekerjaan Umum untuk rencana pembangunan jaringan air bersih tersebut.

“Pak Wagub juga sudah menginstruksikan tim provinsi untuk melakukan survei air bersih di Pulau Siberut,” ujarnya.

Dia menuturkan tim survei akan mendata sumber-sumber air bersih di daerah itu, sekaligus membuat perencanaan untuk penyaluran air bersih ke pemukiman masyarakat.

Adapun, Pemkab Mentawai, imbuhnya, sudah membangun dua jaringan air bersih di Pulau Sipora untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
air bersih

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top