Desa di Riau Ditekankan Segera Tetapkan Prukades

Desa yang ada di wilayah Riau diminta segera menetapkan Prukades atau produk unggulan kawasan pedesaan, untuk dapat memajukan daerah masing-masing.
Arif Gunawan | 25 April 2018 19:08 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. - Kemendes

Bisnis.com, PEKANBARU -- Desa yang ada di wilayah Riau diminta segera menetapkan Prukades atau produk unggulan kawasan pedesaan, untuk dapat memajukan daerah masing-masing.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan dengan menetapkan Prukades, program desa menjadi lebih jelas dan terarah.

"Kalau sudah ditetapkan, program desa bisa menyesuaikan untuk mendukung pengembangan produk unggulan itu, tidak seperti sekarang yang semua hal dikerjakan," katanya saat di Pekanbaru Rabu (25/4/2018).

Eko menekankan dengan Prukades, bakal terbentuk sentra produksi unggulan masing-masing daerah, yang bakal dapat dikembangkan dengan sistem kluster.

Selain itu langkah ini juga dapat menekan peran tengkulak yang selama ini mengambil peluang dari lemahnya proses pemasaran produk hasil desa.

Lewat Prukades nantinya bakal dipetakan produk unggulan, target produksi, target pasar, dan proses distribusinya dari desa kepada pembeli yang ada di daerah lain.

"Kalau ini selesai, nanti swasta dan perbankan akan masuk membantu pengembangan dan menyalurkan pembiayaan karena sudah mulai ditata dengan baik," katanya.

Adapun Kemen DPDTT mendorong desa untuk dapat mengelola dana desa dengan sistem swakelola, guna meningkatkan dampak positif anggaran itu bagi perkembangan wilayah setempat.

Tag : Kemendes-Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top