Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

18 Peserta Lolos Uji Kompetensi Jurnalis di AJI Pekanbaru

Sebanyak 18 jurnalis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dari empat provinsi di Pulau Sumatra, telah rampung melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) selama dua hari penuh.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 09 April 2018  |  17:15 WIB
Penguji, peserta dan seluruh panitia Uji Kompetensi Jurnalis AJI Indonesia berpose bersama usai penyelenggaran UKJ di Pekanbaru, Minggu (8/4/2018) malam. Sebanyak 18 jurnalis AJI dari empat provinsi, lolos mengikuti UKJ yang digelar bersama AJI Indonesia dan AJI Pekanbaru dengan dukungan Australia Embassy Jakarta - Istimewa
Penguji, peserta dan seluruh panitia Uji Kompetensi Jurnalis AJI Indonesia berpose bersama usai penyelenggaran UKJ di Pekanbaru, Minggu (8/4/2018) malam. Sebanyak 18 jurnalis AJI dari empat provinsi, lolos mengikuti UKJ yang digelar bersama AJI Indonesia dan AJI Pekanbaru dengan dukungan Australia Embassy Jakarta - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-Sebanyak 18 jurnalis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dari empat provinsi di Pulau Sumatra, telah rampung melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) selama dua hari penuh.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh AJI Indonesia dan AJI Pekanbaru dengan dukungan Australia Embassy Jakarta ini, berlangsung selama dua hari di Grand Suka Hotel Pekanbaru.

"Esensi uji kompetensi untuk menguji pemahaman dan keterampilan seluruh jurnalis khususnya anggota AJI. Mengukur sikap dan kemampuan peserta sebagai jurnalis profesional," ungkap Anggota Dewan Penguji AJI Indonesia, Budi Santoso Budiman di akhir UKJ, dalam keterangan pers, Senin (9/4/2018).

18 peserta yang menjalani UKJ terdiri dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Penguji UKJ kali ini terdiri dari dua orang penguji dari AJI Pekanbaru, Hasan Basri dan Dwi Utami, serta dua orang penguji dari AJI Indonesia, Budi Santoso Budiman, dan Sofyaldi Bahyul. Selain penguji, UKJ kali ini juga diikuti oleh penguji magang, Ramon Epu dari AJI Jambi.

Dengan digelarnya UKJ AJI di Pekanbaru ini, maka anggota AJI yang dinyatakan berkompeten sesuai tingkatanya semakin bertambah. Saat ini AJI memiliki sekitar 2.000 anggota aktif yang tersebar di Indonesia.

"Masih ada hampir 1.000 anggota AJI yang belum uji kompetensi dan ada yang harus naik jenjang. Terakhir verifikasi tidak sampai 2.000 anggota," lanjutnya.

Sementara itu, pada kegiatan UKJ kemarin terpilih sebagai peserta terbaik Tingkat Utama, Donal Meisel selaku jurnalis TV One wilayah liputan Sumatera Barat, Tingkat Madya, Riyan Novitra, jurnalis Tempo untuk wilayah liputan Riau, dan peserta tingkat Muda, Margaretha Nainggolan selaku jurnalis Batamnews.com.

Ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus dalam penjelasannya menerangkan, jika UKJ kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Pekanbaru. Terakhir, kegiatan serupa digelar lima tahun silam.

"Alhamdulillah UKJ kedua kali digelar di Pekanbatu berjalan sukses, setelah terakhir pada 2013 lalu," sebutnya.

Usai digelar di Pekanbaru, AJI dalam waktu dekat juga akan menggelar UKJ ke sejumlah daerah, seperti Palembang, Medan, dan Pontianak, serta daerah lainnya di Indonesia dalam tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aliansi jurnalis independen uji kompetensi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top