Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peningkatan Jalan Rawasaring Mendekati Penawaran ke Pasar

Sekarang prosesnya sudah di Kementerian Keuangan.
Ilustrasi./Bisnis.com-Akhirul Anwar
Ilustrasi./Bisnis.com-Akhirul Anwar

Bisnis.com, MEDAN— Dari sembilan proyek di Sumatra Utara yang siap ditawarkan dengan melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha, peningkatan jalan Rawasaring (Tanjung Morawa-Saribu Dolok-Tongging) menjadi satu-satunya yang telah mendapat lampu kuning dari pemerintah.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Sumatra Utara Ismail Sinaga menyebutkan saat ini proyek jalan sepanjang 90 kilometer tersebut tengah berada di Kementerian Keuangan untuk dievaluasi.

“Sekarang prosesnya sudah di Kementerian Keuangan. Seingat saya tahapannya sudah mendekati market sounding,” kata Ismail, Senin (19/3/2018).

Menurutnya, proyek yang sudah dilakukan feasibility studinya ini menjadi satu-satunya yang dianggap layak dan memungkinkan di antara sembilan proyek yang dianggap siap untuk ditawarkan melalui skema KPBU.

Proyek ini sendiri bertujuan untuk mendukung kawasan strategis nasional (KSN) Danau Toba dan program pengembangan Agropolitan wilayah dataran Tinggi Bukit Barisan serta mendukung kelancaran kegiatan on farm dan industri.

Sementara itu, KPBU adalah bentuk kerja sama pemerintah dan badan usaha di mana pemerintah mendorong pihak swasta dalam memenuhi gap pembiayaan di bidang infrastruktur melalui beberapa skema.

Adapun proyek lain yang juga ditawarkan antara lain peningkatan puas Silangit-Simpang Tiga Muara-Bakkara, pembangunan dan peningkatan ruas Simpang Pulo Padang-Batahan-BTS Sumatra Barat, pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi, pembangunan jalan lingkar luar Danau Toba dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Juli Etha M.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper