Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROSESI PEMBERIAN MARGA Kahiyang Ayu, Begini Prosesinya

Tampil anggun mengenakan gaun brokat warna pink yang senada dengan kerudungnya, Kahiyang Ayu siap mengikutin prosesi pemberian marga di kediaman paman Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar, di Medan Johor, pagi ini.

Bisnis.com, MEDAN—Tampil anggun mengenakan gaun brokat warna pink yang senada dengan kerudungnya, Kahiyang Ayu siap mengikutin prosesi pemberian marga di kediaman paman Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar, di Medan Johor, pagi ini.

Kahiyang bersama suaminya, hadir di lokasi acara sekitar pukul 10:00 WIB, dan keduanya langsung disambut tari tarian dan musik Mandailing.

Adapun Bobby mengenakan kemeja warna pink yang dipadukan dengan jas, serta kain songket dan peci.

Selanjutnya kedua pasangan yang diiringi oleh keluarga masuk ke dalam rumah untuk melaksanakan acara pemberian marga (mangalehan marga).

Untuk diketahui bahwa Kahiyang Ayu harus disematkan marga Siregar. Pemberian marga (mangalehan marga) dilakukan karena Bobby mempersunting gadis di luar etnis Mandailing.

Sebelumnya paman Bobby, Doli Sinomba Siregar mengatakan bahwa Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena marga inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau lbu Mertua.

"ltulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah saya, selaku tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby," ucapnya.

Dari pantauan terlihat para pengetua-pengetua adat seperti dari Marga Siregar, Nasution, Hasibuan, Lubis, serta petua-petua lainnya sudah berada di kediaman Doli.

Selain pengetua-pengetua adat, terlihat juga Gubenur Sumut, HT. Erry Nuradi, Walikota Medan, Dzulmi Eldin serta pejabat pemerintah baik dari Kota Medan maupun dari Sumatera Utara.

Doli mengungkapkan bahwa rangkaian acaranya adalah Kahiyang Ayu beserta rombongan datang kemari untuk menyampaikan hasratnya untuk mendapatkan marga.

"Kalau mereka ingin mendapatkan marga Siregar agar nanti pada acara tanggal 24-26 November tidak ada lagi ganjalan untuk acara tersebut," ucapnya kepada wartawan, Selasa (21/11).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper