Gojek Meluncurkan Aplikasi Sedekah Digital

Oleh: Muhammad Abdi Amna 28 September 2018 | 08:56 WIB
Gojek Meluncurkan Aplikasi Sedekah Digital
Michael Say, VP Corporate Communication Gojek (kanan) memperkenalkan aplikasi sedekah digital. /M. Abdi Amna

Bisnis.com, MEDAN—Gojek, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi online, meluncurkan sistem sedekah digital menggunakan Go-Pay di Medan, Sumatra Utara.

Michael Say, VP Corporate Communication Gojek, mengatakan pengguna aplikasi Go-Pay dapat bersedakah digital pada mesjid-mesjid yang telah memiliki QR Code. Kelak dana sedekah tersebut secara otomatis ditransfer ke rekening yayasan mesjid.

“Sedekah digital sudah diterapkan di Mesjid Agung Medan dan Mesjid Al-Musanif.  Syarat bagi mesjid yang mau bermitra dengan kami adalah legalitas aspek hukum harus terpenuhi. Kami tidak mengambil sepeser pun dana sedekah dari masyarakat,” ujarnya di Medan, Kamis (27/09/2018).

Ke depan, lanjutnya, aplikasi ini akan terus dikembangkan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat luas. Tidak menutup kemungkinan aplikasi ini juga digunakan untuk sedekah pada rumah ibadah lainnya.

Michael mengatakan, berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2017, Gojek telah berkontribusi sebesar Rp216 miliar per tahun untuk perekonomian Kota Medan melalui penghasilan mitra pengemudi.

Para mitra pengemudi juga mengalami peningkatan penghasilan sebesar 39% setelah bergabung dengan Gojek. Hal serupa juga diraih oleh mitra UMKM, yang penghasilannya berkontribusi sebesar Rp118 miliar terhadap perekonomian Kota Medan.

Bahkan, 67% di antara para mitra UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah menjadi mitra Gojek.

Editor: Muhammad Abdi Amna

Berita Terkini Lainnya