Jakabaring Sport City Ditawarkan untuk Asia Tenggara

Oleh: Dinda Wulandari 21 September 2018 | 15:51 WIB
Jakabaring Sport City Ditawarkan untuk Asia Tenggara
Jakabaring Sport City

Bisnis.com, PALEMBANG-- Suksesnya Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games ke -18 lalu menjadi modal utama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempromosikan kawasan Jakabaring Sport City atau JSC Palembang ke kancah internasional.

Salah satu peluang yang kini diincar yakni menawarkan sejumlah venue yang ada untuk dijadikan home base bagi tim nasional negara-negara di Asia Tenggara.

Asisten Deputi dan Promosi Olahraga Kemenpora, Sandi Suwardi Hasan, mengatakan kawasan JSC di Palembang saat ini sudah mendapatkan pengakuan dunia internasioal berkat kesuksesan gelaran Asian Games 2018 lalu. Oleh karena itu, peluang ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Dengan fasilitas venue berstandar internasional bahkan ada yang dinilai menjadi yang terbaik di dunia, maka kami menargetkan Jakabaring ini dapat dimanfaatkan sebagai home base untuk meningkatkan kualitas atletnya. Minimal untuk negara di Asia Tenggara,” katanya di Palembang baru-baru ini.

Guna mendukung target tersebut, Kemenpora bersama Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menjadwalkan di tahun 2019 sedikitnya sudah ada delapan even kejuaraan olahraga yang akan dipertandingkan di JSC. Diantaranya panjat tebing, bowling, triathlon, menembak, voli pantai, dan dayung.

“Kami juga sudah menyampaikan izin kepada Menpora untuk penyelenggaraan sejumlah even tersebut pada tahun depan,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Sandi, Kemenpora juga ingin agar dengan terselenggaranya sejumlah even internasional di Palembang dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Khususnya di sektor industri merchandise.

“Dengan adanya event olaharaga yang rutin terselenggara maka akan banyak potensi yang bisa dikembangkan, misalnya di sektor kuliner, kerajinan, hingga paket wisata,” katanya.

Dengan demikian, pihaknya berharap agar di tahun 2019 potensi di sektor tersebut dapat lebih hidup sehingga mampu mendorong penambahan pendapatan di masyarakatnya sendiri.

“Kami dari Kemenpora sendiri terus mendorong dengan mempromosikan JSC serta menyiapkan event olahraga apa saja yang bisa dilaksanakan di Palembang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan, pihaknya terus berkordinasi dengan Kemenpora untuk memantapkan kesiapan sejumlah event yang telah dijadwalkan di tahun depan.

“Harapannya, Sumsel menjadi rujukan untuk provinsi lain dalam membagun kawasan-kawan olahraga berskala internasional,” katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya