GEMPA LOMBOK: Sumbar Galang Bantuan 1 Ton Rendang, baru Terkumpul 231 Kilogram

Oleh: Heri Faisal 07 Agustus 2018 | 17:04 WIB
Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat merapikan kotak berisi rendang yang akan dikirim ke Lombok untuk korban gempa, di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/8). /Antara-Muhammad Arif Pribadi

Bisnis.com, PADANG—Masyarakat Sumatra Barat melalui pemerintah setempat akan mengirimkan 1 ton rendang untuk membantu korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan itu diharapkan akan meringankan beban korban.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan bantuan itu digalang oleh Pemprov Sumbar dari sejumlah elemen masyarakat dan secepatnya bakal dikirimkan untuk korban bencana.

“Hari ini sudah terkumpul 231 kilogram, dalam dua hari ditargetkan bisa terkumpul 1 ton,” ujar Nasrul, Selasa (7/8/2018).

Dia mengatakan sebagian besar sumbangan rendang itu berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) setempat dengan sumbangan beragam, mulai dari 5 kilogram hingga 20 kilogram. Selain itu juga sumbangan dari masyarakat.

Menurutnya, donasi dalam bentuk rendang itu masih terus dibuka hingga setidaknya mencapai 1 ton sebelum dikirim. Nasrul mengatakan masyarakat yang ingin membantu bisa melalui Pemprov Sumbar.

“Rendang yang terkumpul nanti akan diantarkan langsung ke NTB untuk diserahkan ke petugas di lapangan. Nanti mereka yang membagikan sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan, pemerintah setempat juga akan mengunjungi perantau Minang di daerah itu.

Sesuai data Ikatan Keluarga Bundo Kanduang (IKBK) NTB jumlah perantau Minang di daerah itu mencapai sekitar 30.000 jiwa.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya