XL Perkuat Layanan Data di Lampung

Oleh: Duwi Setiya Ariyanti 03 Agustus 2018 | 20:15 WIB
Karyawan XL Axiata melayani pelanggan./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--PT XL Axiata, Tbk memperkuat layanan data di Lampung dengan menjangkau total 15 kota/kabupaten.

Dalam keterangan resminya Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan Lampung menjadi perhatian karena menjadi pintu masuk utama transportasi darat dari Jawa ke Sumatra.

Oleh karena itu, pihaknya optimistis bisa terus meningkatkan kecepatan internet di Lampung.

Adapun, layanan 4G ini sebenarnya sudah dimulai sejak Maret 2017. Saat ini, jaringan 4G telah menyentuh 15 kota/kabupaten di Lampung, dengan sekira 700 base transceiver station (BTS). Sementara itu, untuk layanan 3G didukung 1.000 BTS di 15 kota/kabupaten.

Hingga akhir Juni, 90% dari 800.000 pelanggan XL Axiata di Lampung menggunakan layanan data. Angka ini, katanya, meningkat lebih dari 1.800% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun, pelanggan 4G LTE terdapat 500.000.

"Terus meningkatnya permintaan atas layanan telekomunikasi dan data/internet di provinsi ini, yang banyak di antaranya menjadi sarana penunjang aktivitas ekonomi warga dan dunia bisnis. Karena itu, kami tidak ragu untuk terus meningkatkan kemampuan jaringan dan layanan data, baik 3G maupun 4G LTE di Lampung di sepanjang tahun ini," ujarnya, Jumat (3/8/2018).

Sementara itu, seluruh Sumatra total pelanggan XL Axiata sekitar 9 juta. 91% di antaranya merupakan pelanggan data, dengan pelanggan 4G sebanyak 5,5 juta di 142 kota/kabupaten.

Melalui kesempatan itu, Vice President XL Axiata West Area, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan pihaknya mengeluarkan produk untuk meningkatkan penggunaan data dan mendorong adopsi smartphone di Lampung.

Caranya, melalui produk dengan benefit mulai 4,5 GB hingga 37 GB. Selain itu, dia menawarkan paket 15GB untuk akses YouTube dan iFlix hanya dengan Rp1.000/30hari dan ponsel Xtream dengan akses tanpa batas ke Youtube dan Iflix.

"Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan experience pelanggan dalam penggunaan layanan data," katanya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya