PILKADA PADANG: Coblos Ulang, Mahyeldi-Hendri Menang Telak

Oleh: Heri Faisal 02 Juli 2018 | 12:10 WIB
Seorang pemilih mencelupkan tinta setelah mencoblos/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, PADANG - Pasangan nomor urut dua, Mahyeldi – Hendri Septa menang telak dalam pemungutan suara ulang di TPS 10 Kampung Jua, Kemacatan Lubuk Begalung untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang 2018.

Pasangan yang diusung PAN dan PKS ini mendapat 196 suara dari total 210 suara yang menyalurkan hak pilihnya di TPS tersebut pada pemilihan ulang, Minggu (1/7/2018).

“Pasangan Mahyeldi dan Hendri mengumpulkan 196 suara, sementara pasangan Emzalmi dan Desri Ayunda hanya 14 suara,” kata Abdul Haris, Ketua TPS 10 usai perhitungan.

Dia mengatakan dari total 447 daftar pemilih tetap (DPT) pada TPS tersebut, hanya 210 orang atau tidak sampai setengahnya yang memberikan hak suara.

Sebelumnya, pada Pilkada serentak, Rabu (27/6/2018), dari total 447 DPT sebanyak 404 pemilih menggunakan hak suaranya. Namun, pencoblosan di TPS tersebut harus diulang karena ada pemilih yang ikut memberikan hak suaranya, tetapi tidak terdaftar di DPT.

Ketua KPU Padang M Sawati menyebut pihaknya menggelar pemilihan ulang di TPS 10 Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung atas permintaan Panwaslu.

“[Pemilihan ulang] hanya satu TPS. Sesuai aturan, pemilihan ulang dapat dilakukan maksimal empat hari setelah pelaksaan pemilu resmi,” katanya.

Adapun, hasil real count Pilkada Padang yang dilakukan oleh Sumatra Barat Leadership Forum (SBLF) menunjukan pasangan Mahyeldi – Hendri menang dengan perolehan 62,72% suara.

Pasangan Emzalmi dan Desri Ayunda yang diusung koalisi besar Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Hanura, PDI Perjuangan, PKB, dan PPP hanya mampu mengumpulkan 37,28% suara.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya