Mukomuko Tambah Dua Tempat Pelelangan Ikan

Oleh: Newswire 28 Juni 2018 | 01:07 WIB
Ilustrasi kegiatan di tempat pelelangan ikan./Antara-Dedhez Anggara

Bisnis.com, MUKOMUKO – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana membangun dua tempat pelelangan ikan (TPI) tahun depan untuk transaksi jual beli ikan di lokasi pendaratan kapal ikan di daerah itu.

"Rencana pembangunan TPI di Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya dan di antara Desa Air Buluh dan Desa Air Rami," kata Kasi Pengelolaan TPI dan Sumber Daya Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Joni Kelana Putra di Mukomuko pada Rabu (27/8/2018).

Dia menyatakan rencana pembangunan dua TPI tersebut telah masuk dalam daftar penggunaan anggaran (DPA) bidang perikanan tangkap tahun 2019.

Instansinya berencana membangun satu gedung TPI yang dilengkapi dengan gudang penyimpanan ikan dan tempat jaga petugas.

Dia memastikan lokasi pembangunan dua TPI di daerah itu strategis di lokasi pendaratan kapal penangkap ikan milik nelayan di dua wilayah tersebut.

Pembangunan dua TPI di lokasi pendaratan kapal penangkap ikan agar TPI tersebut bisa berfungsi sebagai tempat transaksi jual beli ikan di wilayah tersebut.

Dia menyatakan rencana itu telah mempertimbangkan agar tidak seperti lima TPI dan pangkalan pendaratan ikan (PPI) di daerah itu yang tidak berfungsi karena salah satu penyebabnya lokasi jauh dari tempat pendaratan kapal penangkap ikan.

Bahkan, ada salah satu lokasi bangunan TPI di wilayah Kecamatan Air Rami yang berada jauh dari lokasi pendaratan kapal penangkap ikan. Untuk menjangkau lokasi harus menyeberangi sungai.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya