Dua Jembatan Layang Selesai Dibangun, Arus Mudik di Palembang Bakal Lancar

Oleh: Irene Agustine 07 Juni 2018 | 23:38 WIB
Dua Jembatan Layang Selesai Dibangun, Arus Mudik di Palembang Bakal Lancar
Jalan layang Simpang BandaraTanjung Api-Api./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Arus mudik Lebaran di Kota Palembang, Sumatra Selatan tahun ini diperkirakan lebih lancar dari tahun sebelumnya setelah dibukanya jembatan layang Keramasan dan Simpang Bandara—Tanjung Api-Api.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang Zamharir Basuni mengatakan bahwa keberadaan dua jalan layang tersebut dapat memperlancar arus kemacetan di Palembang.

"Pembangunan flyover bertujuan mengurai kemacetan di persimpangan sebidang akibat volume kendaraan yang tinggi," katanya melalui siaran pers, Kamis (7/6/2018).

Selain itu, kehadiran kedua jalan layang tersebut juga dapat mendukung Palembang sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018.

Jalan layang Keramasan terletak di Simpang Keramasan sebagai persimpangan Jalan Mayjen Yusuf Singadekane menuju jalan lingkar selatan (Jakabaring/tol Palindra) maupun sebaliknya, serta Jalan K.i. Merogan menuju Jalan Srijaya Raya juga sebaliknya.

Sementara itu, jalan layang Simpang Bandara—Tanjung  Api-Api terletak di antara persimpangan jalan nasional yang menghubungkan arah Jambi dan arah Kota Jalan Kolonel H. Burlian.

Pembangunan jalan layang Keramasan sepanjang 650 meter dilakukan dengan kontrak tahun jamak dari 2016—2018. Biaya konstruksi adalah Rp236 miliar dengan Kontraktor pelaksana adalah PT Wijaya Karya Tbk.

Adapun, jalan layang Simpang Bandara—Tanjung Api-Api sepanjang 460 meter dikerjakan oleh kontraktor PT Modern Widya Tehnical dengan anggaran tahun jamak 2016—2018 sebesar Rp159,50 miliar.

Editor: Zufrizal

Berita Terkini Lainnya