Polda Sumut Siaga dan Bantu Pengamanan di Gereja

Oleh: Juli Etha Ramaida Manalu 13 Mei 2018 | 12:51 WIB
Anggota Brimob Polri melakukan penjagaan di halaman Gereja Katolik Stasi Santo Yosep/Antara

Bisnis.com, MEDAN- Kapolda Sumatra Utara Irjen Paulus Waterpaw memerintahkan agar seluruh perwira dan anggota jajaran di wilayahnya melakukan pengamanan ekstra di gereja-gereja atau tempat ibadah menyusul kejadian bom di gereja di Surabaya.

Dia meminta agar seluruh jajaran bisa bekerja sama dengan petugas gereja untuk membantu sistem pengamanan para jemaat yang melakukan ibadah minggu baik pagi maupun sore, hingga malam hari.

Prioritas pada gereja-gereja yang terletak strategis dan memiliki banyak jemaat.

"Usahakan mengatur perpakiran mobil agak menjauh dari gereja guna mengurangi pelaku memanfaatkan keramaian umat yang silih berganti mengikuti ibadah," perintahnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (13/5/2018).

Dia juga meminta agar seluruh jajarannya tetap waspada terhadap potensi serangan sporadis dengan sasaran para anggota Polri.

Para anggota kepolisian juga diminta bisa memberikan pengumuman kepada gereja-gereja untuk tetap tenang dan ikut membantu sistem pengaman anggota jemaat.

"Khusus untuk pembawa tas agar tidak dibawa dalam gereja tetapi bisa dititipkan ditempat tertentu yang telah diatur bersama petugas pengaman gereja," tambahnya.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya