Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 80% Nasabah Pegadaian Swasta di Kepri Gadaikan BPKB

Warga Kepri yang memilih pegadaian swasta untuk mendapatkan uang, ternyata banyak yang menjaminkan surat kendaraan atau BPKB.
Ilustrasi surat kendaraan bermotor./Freepik
Ilustrasi surat kendaraan bermotor./Freepik

Bisnis.com, BATAM — Warga Kepulauan Riau (Kepri) yang memilih pegadaian swasta untuk mendapatkan uang, ternyata banyak yang menjaminkan surat kendaraan (BPKB).

Ketua Perkumpulan Perusahaan Gadai Indonesia (PPGI) Kepri, Iwan Gunawan mengatakan sebanyak 80% nasabah yang datang ke Pegadaian milik swasta menjaminkan BPKB. "Kemudian disusul gadai emas dan elektronik," kata Iwan di Batam, Selasa (3/9/2024).

Menurut Iwan, BPKB dapat menjadi jaminan yang sah untuk digadaikan. "Proses pengajuan hingga pencairan dana yang cepat menjadi salah satu pertimbangan masyarakat pergi ke pegadaian," imbuhnya.

Prosesnya terbilang cepat, karena hanya memakan waktu kurang dari sehari. Iwan pun mengungkapkan bahwa tren masyarakat yang melakukan gadai juga terbilang sangat unik jika dilihat dari trennya. 

"Jadi trennya saya lihat sangat unik. Baik perekonomian sedang sulit atau tidak bagus trennya sudah pasti meningkat transaksi. Namun, pada saat kondisi perekonomian sedang baik, justru trennya meningkat juga. Karena butuh modal untuk usaha," tegas Iwan.

Sebagai informasi, PPGI Kepri sendiri terbentuk Mei 2022 di bawah naungan PPGI Sumatera II yang sudah terbentuk sejak 26 April 2022 di Medan, Sumatera Utara. Jam kerja dari pegadaian swasta lebih fleksibel dalam menghadirkan produk pegadaian serta akses layanan yang lebih luas ke masyarakat luas.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri hingga Agustus 2024 telah memberikan izin kepada 15 pegadaian swasta di Kepri. Kinerja pegadaian hingga 30 Juni 2024 mengalami peningkatan, tercermin pada asetnya yang tumbuh sebesar 16,52% (yoy) menjadi Rp250 miliar, dan pinjaman yang disalurkan tumbuh sebesar 110,47% (yoy) menjadi Rp181 miliar.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper