Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: Tabungan Pelajar di Sumbar Capai Rp200,89 Miliar

Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) di Ranah Minang menunjukan perkembangan yang positif bila dilihat pada periode Januari - Juni 2024.
Karyawan menunjukan uang tunai di Cash Center PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), Jakarta, Kamis (14/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menunjukan uang tunai di Cash Center PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), Jakarta, Kamis (14/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, PADANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatra Barat menyebutkan tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) di Ranah Minang menunjukan perkembangan yang positif bila dilihat pada periode Januari - Juni 2024.

Kepala OJK Sumbar Roni Nazra mengatakan melihat dari jumlah rekening tabungan Simpel mencapai 1.151.844 rekening atau tumbuh sebesar 0,96% (ytd) pada semester I-2024, dengan nominal tabungan Simpel mencapai Rp200,89 milyar atau tumbuh sebesar 23,1% (ytd).

"Adanya pertumbuhan tabungan Simpel ini menunjukan bahwa kesadaran atau minat pelajar di Sumbar untuk menabung itu sangat tinggi. Hal ini patut kita dukung terus," katanya, Kamis (29/9/2024).

Dia menjelaskan OJK juga mempunyai program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang merupakan implementasi Hari Indonesia Menabung menunjukkan perkembangan yang positif berdasarkan data pertumbuhan rekening dan nominal tabungan Simpel.

Roni berharap kabar baik untuk tabungan pelajar tersebut serta dibarengi dukungan dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah daerah, dapat berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Sumbar

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Suryanto juga menyampaikan bahwa gerakan menabung merupakan gerakan yang penting untuk dilakukan sejak usia dini dan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Untuk itu dia mengimbau pelajar di Sumbar untuk terus konsisten dengan kebiasaan menabungnya tersebut, karena adanya kebiasaan menabung itu bisa membentuk generasi muda yang bijaksana dan bisa memberikan jalan untuk menggapai cita-cita.

"Menabung ini dengan menyisihkan uang yang dimiliki, bukan dari sisa uang yang dimiliki," tegasnya.

Dia menyebutkan pemerintah tentu akan turut berperan dan kontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Sumbar, salah satunya tetap mendukung dan mendorong para pelajar di Sumbar untuk menjadi menabung sebagai sebuah hal yang penting bagi kehidupannya.

"Edukasi soal menabung ini sebenarnya bisa dimulai dari rumah melalui didikan dari kedua orang tuanya. Kemudian di sekolah lebih kepada mengedukasi dan mempersiapkan sebuah sarana yang bisa mendorong kesadaran para pelajar untuk membiasakan menabung," ujar Suryanto.

Selain itu, bicara soal tabung pelajar. Untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat secara masif dan merata di seluruh Indonesia, pada momen Hari Indonesia Menabung 2024 ini, OJK mencanangkan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan), yang telah diluncurkan secara resmi pada tanggal 22 Agustus 2024 lalu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper