Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Karya Jaya Palembang Difungsikan jadi Lahan Parkir Truk

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyetujui pemakaian Terminal Karya Jaya Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan.
Ilustrasi truk pengangkut logistik. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi truk pengangkut logistik. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, PALEMBANG – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyetujui pemakaian Terminal Karya Jaya Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan untuk menjadi tempat parkir truk barang saat bergerak di luar ketetapan waktu melintas. 

Diketahui berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) Kota Palembang Nomor 26 Tahun 2019 tentang pengaturan rute mobil barang dalam kota Palembang telah menetapkan waktu melintas truk barang yakni masuk Kota Palembang menuju Boom Baru dimulai pada pukul 21.00 WIB-06.00 WIB dan rute keluar dari Boom Baru mulai dari jam 09.00 WIB-15.00 WIB. 

Namun, lalu lintas truk barang ukuran besar belakangan ini tengah hangat diperbincangkan lantaran ada beberapa yang melanggar jam ketentuan melintas dan disinyalir menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan merenggut nyawa masyarakat. 

Penjabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa menyampaikan dari hasil pertemuannya dengan Kemenhub di Jakarta terdapat dua poin yang menjadi pembahasan untuk solusi lalu lintas truk barang ini.

“Pertama Menhub menyetujui peminjaman pakai aset Terminal Karya Jaya untuk parkir sementara ODOL dengan catatan ada perbaikan karena ada jalan yang berlobang,” katanya dalam keterangan tertulis Rabu (22/5/2024). 

Sementara untuk poin kedua, Pemerintah Kota Palembang diminta untuk mengajukan surat ke Kementerian Keuangan menyangkut aset yang akan dipinjam tersebut. 

“Kemenhub juga meminta kita untuk sisi teknis seperti keamanan, maintenance (pemeliharaan) termasuk pengelolaan, apakah dikelola pemerintah daerah atau swasta,” bebernya. 

Di lain sisi, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Palembang menjelaskan kantong parkir yang biasanya dijadikan tempat parkir truk sebelum melintas Jalan MP Mangkunegara hanya bisa menampung 50 mobil. 

“Sehingga Terminal Karya Jaya lebih mampu menampung jumlah kendaraan,” jelasnya. 

Dihimpun dari berbagai sumber, terminal yang terletak di Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, memiliki luas sekitar 5,5 hektare dan merupakan salah satu terminal tipe A dari total tujuh terminal tipe A yang ada di Provinsi Sumsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper