Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terdampak Banjir Bandang Sumbar, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Naik

Selain cabai merah, harga daun bawang asal Sumbar saat ini juga naik dibandingkan sebelum banjir terjadi. Dia menyebut harga saat ini di angka Rp30.000 per kg.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Bencana longsor dan banjir bandang yang melanda Sumatra Barat (Sumbar) pada Minggu (12/5/2024) lalu, telah berdampak terhadap pasokan bahan pangan ke wilayah Riau.

Diana, pedagang sayuran di Pasar Cik Puan Pekanbaru mengatakan saat ini memang pasokan sayuran dari Sumbar mengalami kendala salah satunya cabai merah.

"Untuk hari ini cabai merah dari Sumbar sudah kosong karena pasokan tidak masuk, perkiraan harga jualnya naik jadi Rp75.000 per kg, kalau kemarin dijual Rp70.000 per kg," ujarnya, Senin (13/5/2024).

Sementara itu untuk harga cabai merah asal Sumut saat ini masih dijual dengan harga normal di angka Rp45.000 sampai Rp55.000 per kg. Sedangkan untuk bawang merah asal Jawa saat ini dijual Rp43.000 per kg.

Emi, pedagang lainnya mengaku masih menjual cabai merah asal Sumbar tapi menghabiskan stok lama yang masih ada. Dia menjual di harga Rp75.000 per kg, dan memang menurutnya untuk pasokan baru masih belum masuk akibat bencana banjir bandang yang terjadi kemarin.

Dia menambahkan selain cabai merah, harga daun bawang asal Sumbar saat ini juga naik dibandingkan sebelum banjir terjadi. Dia menyebut harga saat ini di angka Rp30.000 per kg.

“Bencana alam di Sumbar enggak hanya berdampak pada harga bahan pokok, tetapi juga berpotensi menyebabkan kelangkaan pasokan akibat gagal panen. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi masyarakat di Riau,” ungkapnya.

(Niki Aulia Sandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper