Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan ke Sabang dari Banda Aceh Resmi Dibuka, Cek Jadwal dan Tarifnya!

Susi Air menjadi maskapai perdana yang menerbangkan pesawatnya ke Sabang pada pengoperasian kembali angkutan udara perintis ini.
Pesawat perintis Susi Air/Bisnis
Pesawat perintis Susi Air/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Angkutan udara perintis rute Banda Aceh-Sabang resmi kembali beroperasi dengan Susi Air sebagai maskapai perdana yang mendaratkan pesawatnya di Pangkalan Udara (Lanud) Maimun Saleh, Sabang, Selasa (16/4/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan dibukanya kembali jalur udara ini menambah alternatif transportasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sabang. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pariwisata maupun sektor perekonomian lain khususnya di Sabang.

Sebelumnya, kota di Aceh yang terkenal dengan keindahan laut dan gugusan pulaunya tersebut hanya bisa diseberangi menggunakan jalur laut.

"Alhamdulillah hari ini Susi Air sudah terbang ke Sabang. Kita tahu ini menjadi salah satu solusi dan pilihan bagi wisatawan yang akan ke Sabang. Tidak hanya mengandalkan kapal laut, tapi sekarang sudah bisa juga dengan udara. Jadi, semakin banyak alternatif pilihan bagi wisatawan ke Sabang," kata Reza, Selasa (16/4/2024) dikutip dari akun Instagram resmi Humas Kota Sabang, Kamis (18/4/2024).

Susi Air menjadi maskapai perdana yang menerbangkan pesawatnya ke Sabang pada pengoperasian kembali angkutan udara perintis ini.

Pendaratan Susi Air di Lanud Maimun Saleh kemarin disambut dengan Water Salute Ceremony, sebuah tradisi ungkapan penghormatan dalam dunia penerbangan.

Dikutip dari akun instagram resmi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Reza menyebut penerbangan Susi Air ke Sabang berpotensi membuka jalan masuk bagi maskapai lain untuk turut menjadi angkutan udara perintis ini.

"Pesawat Susi Air adalah pembuka yang sangat mungkin mentrigger adanya penerbangan-penerbangan lain yang memudahkan wisatawan memilih jalur untuk ke Kawasan Sabang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Maimun Saleh Falatehan Hasundungan mengatakan, pihaknya amat siap bekerja sama dengan Lanud Maimun Saleh dalam rangka mendukung terselenggaranya kegiatan penerbangan.

"Kami harap ke depan kerja sama yang baik ini dapat menjadi pijakan terwujudnya rute penerbangan sipil terjadwal yang lebih lengkap di Kota Sabang ini," ujar Falatehan seperti tertulis dalam akun Instagram resmi Lanud Maimun Saleh.

Banda Aceh-Sabang menjadi rite tambahan penerbangan perintis di Aceh yang disetujui oleh Kementerian Perhubungan RI atas usul Pemerintah Aceh.

Adapun penerbangan Banda Aceh-Sabang dan sebaliknya tersedia setiap Selasa dan Jumat, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Untuk rute Banda Aceh-Sabang, waktu keberangkatan dari Bandara Sultan Iskandar Muda pada pukul 10.40 WIB dan tiba di Lanud Maimun Saleh Sabang pada pukul 10.55 WIB.

Sedangkan rute Sabang-Banda Aceh, keberangkatan pada pukul 11.05 WIB dari Sabang dan tiba di Aceh pada pukul 11.20 WIB.

Penerbangan Banda Aceh-Sabang, penumpang dikenakan tarif sebesar Rp220.430. Sementara dari Sabang-Banda Aceh tiap penumpang cukup membayar tiket seharga Rp132.670. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler