Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja (SMBR) Sukses Laksanakan Overhaul Pabrik Baturaja II

PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) melakukan pelaksanaan pemeliharaan menyeluruh secara rutin atau overhaul pada pabrik Baturaja II, Kabupaten OKU, Sumatra Selatan.
Pekerja sedang beraktivitas di pabrik Semen Baturaja./Istimewa
Pekerja sedang beraktivitas di pabrik Semen Baturaja./Istimewa

Bisnis.com, BATURAJA – PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) melakukan pelaksanaan pemeliharaan menyeluruh secara rutin atau overhaul pada pabrik Baturaja II, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan.

Pelaksanaan overhaul pabrik tersebut dilaksanakan selama 17 hari yang dimulai dari 22 Februari 2024.

Pabrik yang beroperasi sejak 2017 ini memiliki kapasitas produksi hingga 1,85 juta ton dan merupakan pabrik termutakhir milik anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) itu. Pembangunannya memakan waktu selama 26 bulan, diklaim sebagai proyek pembangunan pabrik semen terintegrasi tercepat di Indonesia.

Direktur Fungsi Operasi SMBR Muhammad Syafitri menjelaskan pelaksanaan overhaul ini dilakukan guna mempertahankan kinerja mesin produksi agar tetap dalam kondisi optimal serta menjaga efisiensi operasi peralatan produksi pabrik.

“Tiap tahun, pabrik harus menjalani proses overhaul atau pemeliharaan menyeluruh secara rutin. Proses ini bertujuan untuk mengatasi kerusakan atau abnormalitas pada peralatan dengan melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak,” tutur Syafitri dalam siaran pers, Jumat (22/3/2024).

Selain itu, untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja selama overhaul, SMBR menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sehingga sukses mencapai nihil kecelakaan kerja (zero accident) selama kegiatan overhaul berakhir.

Vice President of Maintenance SMBR Eko David Irawan menegaskan bahwa keberhasilan mencapai zero accident selama pelaksanaan overhaul tidak lepas dari komitmen perusahaan terhadap prinsip K3, serta kepatuhan seluruh karyawan dalam mengidentifikasi potensi bahaya di lingkungan kerja dan pelaksanaan tindakan mitigasi yang sesuai, disertai dengan penyampaian safety briefing yang dilaksanakan secara rutin.

“Kita berharap semua pihak berperan aktif untuk mengingatkan sesama rekan kerja, memperhatikan setiap prosedur yang sesuai dan menjadikan K3 sebagai perilaku yang melekat di dalam diri masing-masing,” tutur Eko.

Berkat komitmen perusahaan terhadap prinsip K3, pada awal Maret SMBR berhasil meraih dua Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) Tingkat Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) 2024.

Dua penghargaan yang diterima SMBR atas pretasinya dalam melaksanakan program K3 2024, khususnya kepada dua wilayah operasional SMBR, yaitu pabrik penggilingan dan pengantongan semen di Kota Palembang dan pabrik Baturaja yang terletak di Kabupaten OKU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper